10 Tempat Wisata Sekitar Solo yang Populer dan Menyenangkan untuk Liburan

Uncategorized154 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Surakarta dikenal dengan sebutan kota atau kota Solo Merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini dikenal sebagai destinasi wisata seni dan budaya karena memiliki Keraton Surakarta Hadiningrat. Meski begitu, tempat wisata di Solo banyak dan beragam. Memang banyak destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi saat ini.

Solo memiliki berbagai destinasi wisata yang terkenal dengan keunikannya. Mulai dari destinasi alam, pendidikan, religi, budaya hingga sejarah. Lalu tempat wisata apa saja yang layak dikunjungi di Solo saat liburan? Lihat ringkasan data selengkapnya di bawah ini.

1. Bukit Langit Kemuning

Tempat wisata di sekitar Solo yang pertama adalah Kemuning Sky Hills. Tepatnya satu jam perjalanan dari Kota Solo di Provinsi Karanganyar. Yang terkenal dari objek wisata ini adalah sky bridge atau jembatan kaca yang berada di atas perkebunan teh. Oleh karena itu, wisatawan dapat menjelajahi Perkebunan Teh Kemuning dan Bukit Teletubbies dengan tinggi 60 meter dan lebar 65 meter. Kemuning Sky Hills terletak di Kawasan Perkebunan Teh Kemuning, Ngargoyoso, Provinsi Karanganyar.

Bukit Langit Myrtle. Foto: Instagram Kemuning Sky Hills.

2. Safari Sendiri

Safari sendirian Merupakan kawasan wisata edukasi satwa seluas 13,9 hektar yang terletak di Jalan Ir. Sutami, Jabres, Kota Surakarta. Objek wisata ini merupakan kebangkitan dari Taman Zoologi Taru Jurug yang dibangun pada tahun 1878. Di lokasi ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas untuk mengenal lebih dekat satwa endemik Indonesia. Mulai dari petting zoo, interaksi hewan, edukasi hewan, hingga menunggangi hewan.

3. Istana Peninggalan

Heritage Palace adalah istana indoor-outdoor yang dilengkapi dengan taman, museum Senin, taman bermain, dan ruang konferensi. Terletak di Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, destinasi wisata ini awalnya merupakan pabrik gula peninggalan Belanda yang tercatat sebagai bangunan cagar budaya. Beberapa museum yang ada di objek wisata ini adalah Omah Kwalik, 3D Trick Art Museum, Industrial Museum dan Garden Retro Garden.

Baca Juga  6 tips cara berpakaian yang pantas sebagai turis asing di Indonesia

4. de Tjolomadoe

de Tjolomadoe Ini adalah kompleks pabrik gula tua yang dibangun pada zaman Belanda dan telah diubah menjadi objek wisata baru, situs bersejarah, dan pusat konvensi. Ini sekarang menjadi satu-satunya objek wisata populer setelah renovasi dan pengembangan lokasi konstruksi. Tempat ini berada di Malangjiwan, Kolomadu, Karanganyar.

Sebuah pojok di Di Tjolomado, Karanganyar, Solo yang berfungsi sebagai kafe. Kini pemerintah telah memutuskan biaya masuk sebesar 25 ribu birr untuk memasuki gedung tersebut. Tempo/Ahmad Rafiq

5. Taman Keju Cepogo

Tempat wisata di Solo selanjutnya adalah Sepogo Cheese Park. Ini merupakan destinasi wisata baru yang tergabung dalam kelompok Semori. Beragam aktivitas bisa Anda lakukan di tempat ini, mulai dari bertemu binatang, belajar memanah, naik ATV, berfoto di rumah Hobbit, hingga oleh-oleh. Sepogo Cheese Park terletak tepat di Jalan Solo-Selo Borobudur di Desa Genting, Sepogo, Boyolali.

iklan

6. Masjid Agung Syekh Zayed

Salah satu tempat wisata religi di Solo adalah Masjid Agung Syekh Zayed. Masjid Raya ini diresmikan pada 14 November 2022 sebagai hadiah untuk Indonesia dari Presiden Uni Emirat Arab, Mohammed bin Zayed Al-Nahyan. Masjid ini merupakan replika Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, UEA, sehingga desainnya didesain mirip dengan aslinya.

7. Museum Batik Danar Hadi

Ini adalah museum batik yang menampilkan berbagai jenis koleksi batik di Indonesia. Dari motif Jawa Hokokai, Sumatra, Batik Keraton, dll. Museum ini terletak di Jalan Slamet Riyadi, Lawyan, Surakarta.

8. Gedung Djoeang 45

Gedung Djoeang 45 merupakan gedung yang terletak di Pasar Kliwon kota Surakarta. Gedung ini dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1876. Di dalamnya terdapat patung Laskar Putri Surakarta sebagai simbol sejarah keikutsertaan perempuan dalam serangan empat hari pada tanggal 7-11 Agustus 1945.

Baca Juga  Perbandingan Jumlah Kursi DPR Parpol Pendukung Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan

9. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu destinasi wisata di Solo yang populer di kalangan wisatawan mancanegara. Berdiri sejak tahun 1744, tempat ini memiliki banyak bagian seperti Alun-alun Lor, Sasana Sumewa, Keraton, dll. Keraton Surakarta Hadiningrat terletak di Balwarti, Pasar Kliwon, Surakarta.

10. Pura Mangkunegaran dan Taman Pracima

Restoran Pracimasana di Pramika Tuin, Candi Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah (Dokumen Khusus)

Tempat wisata di Solo selanjutnya adalah Candi Mangkunegaran dan Taman Prasima. Pura Mangkunegaran merupakan istana resmi Kadipaten Mangkunegaran dan kediaman Adipati Mangkunegaran. Sedangkan Taman Prasiman merupakan pusat kebudayaan dan ruang di dalam lingkungan Candi Mangkunegaran untuk mempromosikan Candi Mangkunegaran kepada masyarakat. Salah satu daya tariknya adalah restoran fine dining bergaya aristokrat yang menyajikan hidangan khas dan favorit para mantan raja.

Putri Raden

Pilihan Editor: Hari ini di Solo, Pembukaan Festival Payung Indonesia X mengajak pengunjung untuk menjaga alam.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *