13 Masalah Umum Saat Mendaftar CPNS

Uncategorized147 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pembukaan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS(2023) dan Perjanjian Kerja Pegawai Pemerintah (2023)PPKMulai berlaku pada 17 September 2023. Kebijakan tersebut tertuang dalam surat edaran (SE) Badan Kepegawaian Pemerintah.BKN) TIDAK. 7948/B-KS.04.01/SD/K/2023 tentang Penyampaian Jadwal Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2023.

Berdasarkan keterangan Badan Pembinaan Aparatur Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) di situs resmi Kantor Kabinet RI pada Selasa, 5 September 2023, disebutkan pendaftaran CASN akan dilakukan secara online melalui Badan Sipil Negara BKN. Portal Sistem Seleksi Kandidat Utilitas (SSCASN).

Kandidat tidak dapat mengubah pilihannya dengan alasan apapun. Oleh karena itu, pelamar disarankan untuk membaca dan memahami seluruh persyaratan CPNS.

Namun dalam praktiknya, pelamar CPNS banyak menghadapi permasalahan sistem elektronik baik terkait teknis maupun permasalahan lainnya. Lantas, apa saja permasalahan yang paling sering dihadapi oleh pelamar CPNS?

Daftar permasalahan yang umum ditemui saat mendaftar CPNS

Dikutip dari Manual Helpdesk SSCASN 2022 Versi 1.0, berikut beberapa permasalahan umum yang banyak dihadapi oleh banyak pelamar CPNS dan cara mengatasinya.

1. Nomor NIK dan KK tidak tersedia.

Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), dan nomor Kartu Keluarga (KK) adalah beberapa persyaratan untuk mendaftar CASN. Namun, beberapa pelamar kerap menghadapi kendala karena nomor NIK dan KK yang hilang.

Untuk mengatasi kendala tersebut, pelamar dapat menghubungi Dinas Pencatatan Sipil dan Sipil (Dukcapil) Kabupaten/Kota atau meminta bantuan di Call Center HALO DUKCAPIL dengan mengirimkan NIK, Nama Lengkap, Nomor KK, Nomor Telepon dan Permasalahan. Call center HALO DUKCAPIL meliputi hotline 1500537, SMS ke 08118005373, WhatsApp ke 08118005373 dan email callcenter.dukcapil@gmail.com.

Baca Juga  Bareskrim periksa Kamaruddin Simanjuntak sebagai tersangka

2. NIK didaftarkan oleh orang lain

Apabila NIK pemohon digunakan orang lain, dapat menggunakan fitur ‘NIK yang didaftarkan orang lain’ di situs SSCASN. Kemudian, pemohon akan diminta mengisi informasi antara lain foto KTP, foto Kartu Keluarga, dan foto KTP diri dalam format .pdf atau .jpg dengan ukuran maksimal 200 KB.

3. Informasi pribadi pemohon tidak cocok.

Apabila data diri pada akun tidak sesuai dengan NIC, nomor KK, nama lengkap, dan tanggal lahir, pelamar CPNS dapat menghubungi layanan DUKCAPIL kabupaten/kota tempat tinggalnya atau call center HALO DUKCAPIL.

4. Reset kata sandi akun

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para pelamar CPNS adalah lupa password akunnya. Untuk mengelolanya, pelamar dapat menggunakan fitur ubah kata sandi atau ‘reset kata sandi’.

Berikutnya: 5. Salah satu pengamat lupa jawabannya…



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *