14 Penerimaan UNS dan Perkiraan Jadwal Pendaftaran

Uncategorized84 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaUniversitas Ceballas MaretUNS) merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) yang didirikan sejak 11 Maret 1976.

Terletak di kota Solo, Jawa Tengah, kampus ini menjadi salah satu PTN yang diincar mahasiswa baru dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan laman resmi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, terdapat 14 jalur penerimaan UNS untuk program sarjana (S1). Berikut informasinya.

Daftar masuk UNS

1.SNBP

Pemilu nasional yang berbasis kesuksesan (SNBP) merupakan salah satu Jalur Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPMB) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengelola Ujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pembukaan pendaftaran SNBP 2024 dilaksanakan pada tahun 2024.

2.SNBT

Selain SNBP, SNPMB juga memuat Tes Tertulis Berbasis Seleksi Nasional Berbasis Komputer (UTBK SNBT). Pendaftaran SNBT 2024 dibuka mulai 21 Maret hingga 5 April 2024.

3.SMJP

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP) bertujuan untuk memilih calon siswa yang telah lulus SMA dalam waktu tiga tahun terakhir dan telah menunjukkan prestasi akademik dan nonakademik. Jika melihat seleksi tahun lalu, pendaftaran SMJP dibuka pada Mei hingga Juni.

4.SMJK

Seleksi Mandiri Jalur Mitra (SMJK) diperuntukkan bagi lulusan SMA sederajat dalam tiga tahun terakhir yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan UNS dan mendapat rekomendasi dari lembaga mitra. Tahun lalu, pendaftaran SMJK dibuka pada Mei hingga Juni.

5.SMJD

Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD) Lulusan SMA atau penyandang disabilitas dalam waktu tiga tahun terakhir yang berniat dan mempunyai kemampuan akademik untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Tahun lalu pendaftaran SMJD dibuka pada bulan Mei hingga Juni.

6.SMJKM

Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM) diperuntukkan bagi lulusan SMA atau yang pernah menjadi ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) minimal satu kali dalam tiga tahun terakhir. Pendaftaran SMJKM telah dilakukan pada bulan Mei hingga Juni lalu.

Baca Juga  Kemarin, 10 isu kejahatan transnasional hingga kapolsek Rumbai dicopot

7. SMJKI-UTBK SNBT

Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional (Skor UTBK) bertujuan untuk merekrut lulusan SMA atau kursus bahasa Inggris sederajat dalam tiga tahun terakhir.

iklan

SMJKI mewajibkan penggunaan nilai UTK tahun yang sama dengan penerimaan siswa baru dan kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan TOEFL/IELTS. Tahun lalu pendaftaran SNBT SMJKI-UTBK dibuka pada bulan Juli.

8. SMJKI-UTUL UNS

Seleksi Mandiri Tes Tulis Online Kelas Internasional (SMJKI-UTUL) merupakan jalur masuk UNS yang diperuntukkan bagi lulusan SMA yang telah disaring berdasarkan hasil tes tertulis atau sederajat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Tahun lalu proses pendaftaran SMJKI-UTUL dimulai pada bulan Juli.

9. SNBT SMJU-UTBK

Jalur Ujian Pilihan Bebas (SMJU) merupakan cara penerimaan mahasiswa baru UNS dengan menggunakan hasil UTK yang sama dengan lulusan SMA atau tiga tahun sebelumnya. Pendaftaran SNBT SMJU-UTBK 2024 akan dibuka pada bulan Mei hingga Juni.

10. SMJU-UTUL UNS

Seleksi tes tertulis mandiri (SMJU-UTUL) memilih lulusan SMA atau sederajat tes tertulis yang diberikan UNS dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Pendaftaran SMJU-UTUL dibuka pada Mei hingga Juni tahun lalu.

11. SMJKI-UTBK SNBT Gelombang II

SMJKI-UTBK SNBT UNS dilaksanakan dalam dua gelombang. Tahun lalu, pendaftaran gelombang kedua dibuka pada bulan Juli.

12. SMJKI-UTUL UNS Gelombang II

Menurut SNBT SMJKI-UTBK, SMJKI-UTUL UNS juga dilaksanakan sebanyak dua kali. Untuk gelombang kedua tahun 2023, pendaftaran dibuka pada bulan Juli.

13. SMJU-UTBK SNBT Gelombang II

SNBT SMJU-UTBK juga dilaksanakan sebanyak dua kali. Jika melihat lamarannya selama setahun terakhir, pendaftarannya dibuka pada bulan Juli.

14. SMJU-UTUL UNS Gelombang II

Jalur menuju UNS melalui SMJU-UTUL dilakukan sebanyak dua kali. Pendaftaran dibuka untuk dua orang pada bulan Juli tahun lalu.

Baca Juga  6 Pemeran Ghostbusters: Kekaisaran Beku

MELINDA DWI PUSPITA

Pilihan Editor: Di sekolah ini, 70 persen siswanya lulus SNBP 2024



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *