4 tanda yang menandakan oli gardan motor matic harus segera diganti

Uncategorized104 Dilihat

GOOTO.COM, Jakarta – Pada sepeda motor matic, oli gardan yang terkontaminasi dapat mengganggu pengoperasian mesin. Seiring berjalannya waktu, tingkat kekentalan oli gardan pun semakin berkurang dan terkontaminasi.

iklan

Jika hal ini terjadi, tandanya oli gardan motor matic sudah habis dan harus segera diganti karena sudah tidak layak pakai lagi.

Ada empat tanda oli gardan pada sepeda motor matic perlu diganti. Berikut ulasannya, oleh Gooto Dari Halaman Wahana Honda Hari Ini, Senin 25 Maret 2024:

1. Suhu meningkat

Oli motor matic kehabisan oli saat motor sedang panas. Hal ini disebabkan karena poros tidak mendapatkan pelumasan yang baik sehingga menyebabkan terjadinya gesekan antar bagian pada poros dan menyebabkan suhu meningkat.

2. Bantalan poros goyang

Jika oli gardan tidak terlambat diganti, dapat merusak beberapa bantalan pada gardan. Salah satunya adalah bantalan gardan pada kotak CVT yang berfungsi menyeimbangkan mesin sepeda motor matic dan gardan depan.

Bantalan gardan yang goyah atau rusak dapat dideteksi dengan adanya suara keras saat sepeda motor matic melaju kencang.

3. Terdapat bau yang tidak sedap

Jika sepeda motor matic mengeluarkan bau tidak sedap saat distarter, bisa jadi oli gardan sudah habis atau sangat kotor. Jika iya, jangan tunda lagi, segera bawa kendaraan ke bengkel terdekat untuk melakukan penggantian oli gardan.

4. Oli keluar dari poros

Oli gardan yang benar-benar habis terlihat dari adanya kebocoran oli pada gardan. Misalnya saja munculnya oli di sekitar gardan atau di bagian bawah sepeda motor.

Pilihan Editor: 3 Fakta yang Terjadi di MotoGP Portugal Pedro Acosta Cetak Sejarah

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Datang dan bergabunglah keanggotaan.tempo.co/komunitas Pilih grup GoOto



Quoted From Many Source

Baca Juga  Irlandia menargetkan 41 proyek strategis nasional selesai tahun ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *