5 beasiswa ini akan dibuka pada tahun 2024 dari LPDP hingga GKS

Uncategorized185 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Ada begitu banyak program Beasiswa Membantu siswa membiayai pendidikannya. Baik dari pihak pemerintah, pihak swasta maupun pihak kampus itu sendiri. Umumnya, beasiswa dibuka setiap tahun dan sering kali bertepatan dengan pendaftaran siswa baru.

Berbagai beasiswa bergengsi di tahun 2024 akan segera dibuka. Ada sejumlah manfaat yang ditawarkan untuk mendukung penelitian mahasiswa. Apa saja lima beasiswa teratas yang dibuka pada tahun 2024? Simak detailnya di bawah ini.

1. Beasiswa Jardin

Beasiswa ini ditawarkan oleh Jardine Foundation dengan skema beasiswa penuh untuk belajar di Oxford University atau Cambridge University. Jardine Foundation bekerja sama dengan mitra untuk mendukung akses terhadap pendidikan tinggi di lebih dari 11 negara. Pendaftaran kursus Musim Gugur 2025 akan dibuka pada pertengahan Agustus 2024.

Ruang lingkup Beasiswa Jardine meliputi:
1. Biaya kuliah dibayarkan langsung ke universitas

2. Tunjangan tahunan untuk biaya asrama, penginapan dan biaya-biaya tak terduga lainnya

3. Pembayaran Inggris Biaya tambahan kesehatan imigrasi

4. Tiket pesawat kelas ekonomi pulang pergi

5. Peluang magang musim panas yang diadakan oleh tim Jardin Matheson

6. Terhubung dengan akademisi dan mahasiswa.

2. Beasiswa MEXT

Beasiswa penuh ini disediakan oleh pemerintah Jepang. Beasiswa MEXT mencakup beasiswa diploma, sarjana dan pascasarjana. Ada tujuh jenis program beasiswa pemerintah Jepang atau biasa disebut. Monbukagakusho. Beasiswa untuk mahasiswa riset, mahasiswa pendidikan guru, mahasiswa sarjana, mahasiswa studi Jepang, mahasiswa perguruan tinggi teknologi, mahasiswa pelatihan khusus, mahasiswa Program Pemimpin Muda. Besaran beasiswa bulanannya sekitar Rp 15 juta.

3. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa LPDP Level 1 biasanya dibuka pada awal tahun. Artinya beasiswa ini akan dibuka dalam beberapa bulan ke depan. Bantuan pendidikan melalui skema LPDP disalurkan melalui empat jenis program beasiswa. Ada beasiswa umum, beasiswa konfirmasi, beasiswa tertarget dan beasiswa kooperatif. LPDP adalah salah satu beasiswa pascasarjana pemerintah Indonesia yang paling populer.

Baca Juga  Beras itu mahal, Eric Tohir: Begitu pula negara-negara lain, itulah sebabnya pemerintah hadir dengan bantuan sosial.

Biaya yang ditanggung oleh beasiswa ini termasuk biaya sekolah dan tunjangan. Dana perkuliahan meliputi dana pendaftaran, biaya semester, tunjangan buku, dana penelitian tugas akhir, dana seminar dan publikasi jurnal internasional. Sedangkan dana pendukung antara lain dana transportasi, pengajuan visa, asuransi kesehatan, dana kedatangan, dana kompetisi internasional, tunjangan keluarga, dan dana darurat.

4. Beasiswa Global Korea (GKS)

GKS adalah program beasiswa penuh yang dikelola oleh National Institute of International Education, sebuah lembaga eksekutif di bawah Kementerian Pendidikan Korea Selatan. Beasiswa ini ditawarkan oleh pemerintah Korea Selatan kepada pelajar internasional yang ingin belajar di Korea. Baik dari jenjang D2, S1, S2, hingga S3.

GKS mencakup sejumlah dukungan finansial seperti:

1. Tiket pesawat dari Indonesia ke Korea pada awal dan akhir masa beasiswa

2. Tunjangan pertama saat pertama kali tiba di Korea

3. Tunjangan bulanan untuk setiap jenjang studi

iklan

4. Tunjangan studi adalah per semester.

5. Nilai belajar bahasa Korea

6. Cakupan biaya sekolah penuh

7. Penggantian biaya penerbitan skripsi dan tesis

8. Asuransi kesehatan

9. Pemberian keterampilan bahasa Korea bagi penerima beasiswa GKS level 5 dan 6

10. Hibah Penyelesaian Beasiswa bagi yang ingin pulang setelah menyelesaikan studi di Korea.

5. Beasiswa Ajinomoto

Beasiswa ini diberikan oleh PT Ajinomoto Indonesia melalui Ajinomoto Foundation. Beasiswa Ajinomoto khusus untuk mahasiswa pascasarjana asal Indonesia. Setidaknya ada tujuh pilihan universitas di Jepang yang terbuka melalui beasiswa ini:

1. Universitas Tokyo

2. Universitas Kyoto

3. Universitas Nagoya

4. Institut Teknologi Tokyo

5. Universitas Ochanomizu

6. Universitas Waseda

7. Universitas Gizi Kagawa.

Pilihan Editor: Menemukan gagal ginjal kronis, penyakit yang diderita Lucas Enembe sebelum kematiannya

Baca Juga  Kasus tabrakan anak pimpinan DPRD Sulsel disanksi tilang



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *