8 Negara yang Tidak Memiliki Hari Kemerdekaan, Salah Satunya Negara Tetangga Indonesia

Uncategorized173 Dilihat

RedaksiHarian – Rakyat Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari Kemerdekaan dirayakan sebagai bentuk rasa syukur dan peringatan atas perjuangan untuk meraih hak menentukan nasib sendiri dari kungkungan bangsa asing.

Akan tetapi, ternyata ada negara-negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan . Negara-negara tersebut biasanya tidak pernah dijajah atau memiliki kekuasaan pemerintah yang tidak diintervensi kekuatan asing melalui invasi maupun kolonialisme. Nah, berikut 10 negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan .

Nepal merupakan negara yang tidak pernah dikoloni oleh negara lain selama masa-masa kolonialisme sehingga negara tersebut dianggap menjadi negara berdaulat sendiri. Nepal menjadi sedikit negara di dunia yang tidak pernah diinvasi oleh negara lain, sehingga negara ini tidak memiliki hari kemerdekaan .

ADVERTISEMENT

Sama seperti Nepal, Thailand secara umum tidak pernah dikuasai kekuatan asing di masa-masa kolonialisme. Negara yang berbentuk kerajaan tersebut menjadi satu-satunya negara yang tidak dijajah oleh negara lain di Asia Tenggara, sehingga tidak memiliki hari kemerdekaan .

Negara Arab Saudi yang berstatus monarki tidak pernah dijajah oleh bangsa mana pun, sehingga negara tersebut tidak memiliki hari kemerdekaan . Namun, Arab Saudi memperingati hari bersatunya Kerajaan Arab Saudi oleh Abdulaziz bin Abdul Rahman Al Saud sebagai raja pertama.

Denmark tidak merayakan hari kemerdekaan , tetapi merayakan hari konstitusi setiap tanggal 5 Juni. Hari tersebut menandai lahirnya konstitusi Denmark sebagai negara modern. Namun, secara umum, Denmark tidak pernah menjadi bagian dari negara lain dan dianggap menjadi wilayah yang berdaulat sejak Abad Pertengahan.

Kanada merayakan Hari Kanada pada 1 Juli, tetapi tidak merayakan kemerdekaan. Pada 1 Juli 1867, British North America Act (BNA) mendeklarasikan Kanada sebagai wilayah yang berdaulat, sehingga pada hari tersebut diperingati sebagai Hari Kanada.

Baca Juga  Hari ini sedang dilakukan pemeliharaan jalan di Tol Sipularang, sebagian jalur ditutup

Prancis merayakan hari kemerdekaan tetapi bukan dari penjajahan bangsa lain. Prancis merayakan kemerdekaan dari sistem monarki melalui revolusi Prancis. Sehingga, secara umum negara tersebut tidak pernah menjadi wilayah jajahan negara mana pun.

China memiliki sejarah monarki yang sangat panjang sebelum menyatakan diri menjadi negara Republik Rakyat. Meski pernah dijajah oleh Inggris, China tidak memiliki tanggal spesifik untuk merayakan hari kemerdekaan .

Rusia juga tidak pernah menjadi wilayah jajahan negara mana pun, sehingga negara yang juga terletak di Eropa dan sebagian Asia itu tidak memiliki hari kemerdekaan untuk diperingati rakyatnya.***

Post Views: 1

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *