Ajinomoto ajak eksplorasi menu rendah garam dalam Umami Festival 2023

Uncategorized178 Dilihat

RedaksiHarian – PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) merayakan Hari Jadi ke 54 pada bulan Juli 2023 dengan mengadakan acara “Umami Festival” 2023, bekerja sama dengan ABC Cooking Studio, sebuah jaringan kelas memasak internasional yang memiliki member/anggota masyarakat urban Jabodetabek yang merupakan cooking enthusias.

Dalam kegiatan tersebut Ajinomoto mengundang Executive Chef Fukoro Dining Jakarta, Hideki Fujiwara yang membagikan langsung cara memasak menu Tori Jiru, menu otentik Jepang yang menggunakan bahan pangan sumber rasa umami seperti kombu dashi, ayam, jamur, miso, dan MSG AJI-NO-MOTO.

“Melalui kegiatan kali ini, kami ingin memberikan pengalaman langsung bagaimana memasak dengan konsep Bijak Garam kepada para members dari ABC Cooking Studio,” kata Grant Senjaya, Head of Corporate Communications Dept PT AJINOMOTO INDONESIA dalam keterangannya pada Selasa.

Berbeda dengan kegiatan edukasi yang biasa dilakukan, Grant mengatakan pihaknya berharap pengalaman praktek langsung ini, bisa membantu para masyarakat urban yang sibuk, bisa tetap menjaga kesehatan mereka melalui asupan gizi seimbang yang lezat, sambil menurunkan asupan garamnya dengan memasak menu praktis.

“Harapan kami, apa yang dibagikan oleh Ajinomoto Health Provider hari ini, bisa bermanfaat bagi peserta yang hadir dan mereka kemudian bisa membagikannya juga kepada orang-orang di sekitar mereka sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa menghindari resiko hipertensi” kata Grant.

Hadir sebagai narasumber, Sakinah – Nutrition & Education, Corporate Communications Dept PT AJINOMOTO INDONESIA, membagikan sensory test session dan konsep Bijak Garam.

“Dalam sensory test session kali ini, teman-teman dapat merasakan umami yang muncul dominan di akhir (after taste) ketika mencicipi tomat cherry, dan rasa umami yang muncul di awal (instant taste) melalui keju,” ucap Sakinah.

Baca Juga  10 Tempat Wisata Sekitar Solo yang Populer dan Menyenangkan untuk Liburan

Sakinah kemudian menjelaskan bahwa saat ini kampanye Bijak Garam yang erat juga kaitannya dengan sumber rasa umami.

Garam jika dikonsumsi berlebihan dapat memunculkan berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, gagal jantung, diabetes, dan lain lain. Menurut WHO, anjuran konsumsi aman harian garam adalah kurang dari 5gram per orang.

“Nah, kampanye Bijak Garam dari Ajinomoto mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi, dengan cara menambahkan sedikit MSG sebagai sumber rasa umami,” lanjutnya.

Hideki menambahkan bahwa umami memiliki peran sangat penting dalam masakan, karena bisa menambahkan rasa gurih yang membuat makanan memiliki rasa yang kaya (rich taste).

“Memanfaatkan umami, konsep Bijak Garam dari Ajinomoto sangat bagus sekali untuk menjaga kesehatan.” ujar Hideki.

Hadir sejak tahun 2011, platform digital Dapur Umami bertujuan untuk mempermudah konsumen dalam menemukan berbagai hal terkait inspirasi kesehatan, yaitu referensi menu, tips memasak, dan informasi nilai gizi.

“Dapur Umami sendiri juga merupakan salah satu metode di mana Ajinomoto Health Provider bisa berkontribusi kepada masyarakat Indonesia secara luas melalui dunia digital.” tutup Grant di akhir acara.

Post Views: 1

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *