Apakah Anda suka minum kopi? Ketahui waktu yang tepat untuk menggunakannya

Uncategorized175 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaKopi Ini adalah salah satu minuman paling populer. Namun, penting untuk diketahui bahwa lamanya Anda mengonsumsi kopi mempengaruhi pengaruhnya terhadap tubuh. Mulai dari energi di siang hari hingga kualitas tidur di malam hari, asupan kafein Anda bisa menjadi faktor penting.

Kopi dan siklus alam

Siklus alami 24 jam diketahui secara berbeda Irama sirkadian Ini mempengaruhi tidur dan aliran hormon pada manusia. tersebut Waktu India, Jika Anda minum kopi di malam hari atau menjelang tidur, hal ini dapat mengganggu ritme sirkadian dan mengganggu jadwal tidur Anda.

Kandungan kafein pada kopi memberikan energi pada tubuh. Jika energi yang dihasilkan tidak terpakai, cicipi saja Kegelisahan atau kecemasan muncul. Oleh karena itu, jika Anda merasa gelisah atau sulit tidur di malam hari, minum kopi pada jam 19 atau lebih mungkin menjadi alasannya.

Tingkat kortisol

Kortisol atau yang disebut ‘hormon stres’ dalam tubuh berada pada level tertinggi di pagi hari. Kortisol menentukan tingkat energi sepanjang hari serta tingkat stres dan berkontribusi terhadap tingkat “kebangkitan” dalam tubuh. Jadi minum kopi sambil bekerja kortisol bukanlah pilihan yang baik.

Kadar kortisol tertinggi terjadi setelah tidur. Jadi, jika Anda bangun jam 8 pagi, Anda bisa merasakan “energi alam” hingga jam 9 atau 9.30 pagi untuk memulai hari.

Saat kortisol mulai turun dan Anda merasa sedih, tuangkan secangkir kopi untuk meningkatkan tingkat energi Anda. Dengan cara ini, Anda tidak mengganggu energi alami tubuh Anda tetapi hanya menambahnya pada waktu yang tepat.

Minum kopi di tengah hari

Sekitar tengah hari, pukul 1-3 siang, Anda mungkin merasa lesu setelah makan siang. Begitu perasaan rendah energi melanda, pikiran pertama yang terlintas di benak Anda adalah meminum secangkir kopi untuk menyegarkan diri.

Baca Juga  4 tanda yang menandakan oli gardan motor matic harus segera diganti

iklan

Yang perlu Anda perhatikan adalah “sore kopi boost” bisa berbeda-beda pada setiap orang. Meskipun minum kopi secukupnya selama waktu ini akan memberi Anda tambahan energi dan mencegah kelelahan parah saat makan siang, lebih baik minum kopi setengahnya saja. Sebab pada sore hari, tubuh sedang mendekati siklus tidurnya.

Minum kopi dalam porsi besar pada jam 3 dapat menyebabkan kurang tidur pada jam 10. Oleh karena itu, sebelum memutuskan apakah secangkir kopi sore tepat untuk Anda, penting untuk memahami tubuh Anda dan melakukan beberapa tes.

Secangkir kopi di sore hari

Minum kopi 4-6 jam di sore hari mengganggu kualitas dan siklus tidur. Minuman ini menimbulkan kegelisahan di malam hari saat mencoba tidur. Karena sensitivitas terhadap kafein meningkat di malam hari, sebaiknya hindari minuman ini agar tidak mengganggu ritme sirkadian Anda.

Minum kopi sebelum berolahraga

Kopi terkenal memberikan penambah energi. Secangkir espresso yang dipadukan dengan sedikit protein dapat menjadi pra-latihan efektif yang memberikan tingkat energi optimal. Lantas, bagaimana jika Anda minum kopi sebelum latihan dan olahraga di malam hari?

Meskipun kopi memberi Anda energi instan dan pasti mengganggu siklus tidur Anda, jika Anda melakukannya Olahraga Menurunkan berat badan, membakar kalori, dan berlatih lebih keras setelah minum kopi, dan Anda akan membakar lebih banyak energi. Oleh karena itu, disarankan untuk meminum kopi sebagai pra-latihan 30-60 menit sebelum memulai latihan agar ledakan energi datang pada waktu yang tepat.

Pilihan Editor: Kopi terbaik di dunia berasal dari Indonesia.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *