Apakah perang antara Hamas dan Israel meluas hingga mencakup Hizbullah di Suriah, serupa dengan Hizbullah di Lebanon?

Uncategorized140 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Senin, 23 Oktober 2023 Amerika Serikat (AS) khawatir akan terjadinya eskalasi perang. Hamas vs Israel. Hal ini diumumkan setelah Israel tanpa ampun membom Gaza.

Tindakan Israel mendorong negara-negara Timur Tengah lainnya untuk merespons. Misalnya, Hizbullah di Lebanon yang segera meluncurkan rudal dan roket anti-tank ke Israel.

Faktanya, Israel tidak hanya menyerang Gaza. Namun, negara-negara lain juga telah diserang. Misalnya saja Suriah yang dihantam rudal Israel pada Minggu 22 Oktober 2023 di bandara internasional Damaskus dan Aleppo.

Serangan itu menewaskan 2 orang dan membuat bandara tidak dapat digunakan.

Dengan cara inilah negara-negara yang menjadi infrastruktur Hizbullah menjadi sasaran serangan Israel lainnya. Kebanyakan orang mengenal Hizbullah sebagai kelompok milisi yang berbasis di Lebanon. Namun ternyata kelompok dengan nama yang sama juga ada di Suriah. Apakah mereka berbeda?

Melaporkan dari Dewan Hubungan Luar Negeri (CFR)Hizbullah berbasis di Lebanon selatan. Namun kelompok ini memiliki hubungan lama dengan Iran dan Suriah. Mereka mendukung rezim Assad, bersama dengan Iran dan Rusia, bahkan dalam perang saudara di Suriah. Tidak mengherankan jika anggota kelompok ini melakukan mobilisasi ke berbagai wilayah di Timur Tengah.

iklan

Pada dasarnya Hizbullah di Timur Tengah identik dengan Lebanon. Pengerahan tersebut merupakan komitmen konkrit untuk melawan pengaruh Barat dengan negara-negara sekutunya, khususnya di Timur Tengah. Dengan ekspansi dan serangan yang berani terhadap Israel, terlihat bahwa Hizbullah merupakan kelompok yang kuat dan berpengaruh dalam geopolitik Timur Tengah.

Pengaruh ini sangat besar karena salah satu faktornya adalah kepemilikan properti dan pengelolaan yang baik. Hizbullah dikenal memiliki latar belakang kesehatan, pendidikan, dan layanan pemuda yang netral. Semua orang bisa bergabung dan merasakan manfaatnya. di samping itu,

Baca Juga  Hadapi Konflik Pulau Rempang, Budaya: Saya Anak Desa, Tak Bisa Adil

dari Institut Internasional Untuk studi strategis Di tahun Pada tahun 2020, kekuatan militer Hizbullah akan mencakup 20.000 pejuang aktif dan 20.000 pejuang cadangan yang dipersenjatai dengan senjata ringan, tank, drone, roket jarak jauh, dan lain-lain.

Pengaruhnya tidak hanya di kawasan geopolitik Timur Tengah. Hal ini terlihat dari kekhawatiran AS pada awal pekan ini. Bahkan sebelum itu, United Nations Force in Lebanon (UNFIL) sudah dikerahkan untuk melucuti senjata Hizbullah pada tahun 1978. Namun kenyataannya Hizbullah masih ada hingga saat ini, termasuk perang antara Hamas dan Israel.

M.Robbie Septian | Nabeila Azahra
Pilihan Editor: PM Anwar Ibrahim ambil bagian dalam mendukung Palestina di Malaysia



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *