Argumen Wapres Anis-Muhaimin mengandalkan reforma agraria untuk mencapai ketahanan pangan.

Uncategorized428 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaIsu agraria, lingkungan hidup, dan keberlanjutan akan menjadi tema debat Kaupres (calon wakil presiden) Minggu, 21 Januari 2023. Debat tersebut melibatkan tiga calon wakil presiden (Cawapres), Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Jika pasangan Prabowo Subianto-Gibran bisa dipercaya Properti makanan Untuk ketahanan pangan, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md memperjuangkan pangan lokal dan desa mandiri, pasangan calon presiden dan wakil presiden Anis Basedan-Muhaimin Iskandar memasukkan reformasi pertanian untuk mencapai ketahanan pangan.

Dalam dokumen visi dan misinya, Anyus-Muhaimin berjanji untuk mempercepat program redistribusi lahan yang adil dan inklusif, khususnya bagi petani yang tidak memiliki lahan, melalui Program Keluarga Tani dan Koperasi Produksi Pertanian. Mereka berjanji akan memberdayakan masyarakat melalui kajian dan keberlanjutan guna meningkatkan manfaat bagi warga yang mengambil alih lahan tersebut. Mereka juga menjanjikan penyelesaian multilateral yang lebih inklusif dan adil atas konflik pertanian dan tumpang tindih kepemilikan lahan.

Anis-Muhaimin berkomitmen mempercepat pemberian kepastian hak kepada masyarakat melalui kerja sama pemerintah dan pengakuan hak adat masyarakat adat atas tanah dan hutan adat serta sumber daya alam yang ada di dalamnya. Prosedur dan peningkatan fasilitasi bantuan. Mereka akan menata lembaga-lembaga yang melaksanakan reforma agraria secara cepat dan terkoordinasi.

Selain itu, pasangan ini berjanji untuk menyelaraskan kebijakan dan peraturan mengenai penguasaan tanah, air dan pesisir, kepemilikan, penggunaan dan eksploitasi serta pengakuan dan perlindungan di bidang pertanian, perencanaan tata ruang dan sumber daya alam. dan pemerataan seluruh tanah pemerintah dan tanah masyarakat (termasuk tanah masyarakat adat). Mereka juga berjanji untuk menyelesaikan program “Kebijakan Satu Peta” dan “Kebijakan Satu Data” untuk membangun sistem informasi geospasial berbasis darat yang dapat diakses oleh semua warga negara dan pemerintah untuk memastikan penggunaan yang adil, berkembang, dan berkelanjutan. Lahan dan sumber daya pertanian yang berkelanjutan.

Baca Juga  Di Sumbawa Barat, 2 siswa SMP tewas tersapu gelombang.

Selain itu, Anis-Muhaimin berjanji akan mengembangkan perekonomian masyarakat secara bertanggung jawab dan partisipatif, termasuk instansi pemerintah, pemerintah negara, BUMN, dan BUMD, lahan yang dapat digunakan masyarakat. Mereka mengembangkan rencana tata ruang berbasis lahan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui pengelolaan partisipatif dan hak asasi manusia. Terakhir, dalam bidang pertanian, pasangan ini akan mengembangkan kebijakan dan peraturan perpajakan di bidang pertanian yang berkeadilan dan tidak membebani masyarakat dalam penggunaan dan pemanfaatan lahan.

RIRI RAHAYU

Pilihan Redaksi: Disebut Siap Mundur dari Kabinet Jokowi, Ini Tanggapan Shri Muliani, Basuki, dan Budi Karia.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *