Baleg DPR sepakat perubahan UU Wantimpres dilanjutkan ke paripurna.

Uncategorized19 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Badan Legislatif DPR RI menyetujui perubahan Undang-Undang Dewan Pertimbangan Presiden atau ingin mengesankan Ini akan menjadi RUU yang diusulkan atas inisiatif DPR RI.

Salah satu poin yang disepakati dalam RUU ini adalah perubahan Dewan Pertimbangan Presiden. Dewan Penasihat Senior. Suprathman mengatakan tidak ada perubahan praktik antara Wantimpres dan Dewan Pertimbangan Umum.

Di tahun Ada sembilan Fraksi Parpol yang menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) Perubahan (RUU) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2006 tentang Dewan Pertimbangan Presiden akan diajukan ke paripurna.

“Ini hanya pengesahan, jadi usulan inisiatif dalam rangka persiapan. Nanti akan dibawa ke paripurna apakah disetujui atau tidak usulan itu bisa menjadi inisiatif DPR. .

Suprathman mengatakan, keinginan seluruh fraksi untuk mengubah nama Wantempres menjadi Dewan Pertimbangan Agung. Namun, kata dia, fungsi Dewan Pertimbangan Agung sama dengan fungsi Vantimepress.

Jumlah anggota Vantimpress dibatasi sebanyak delapan orang, sedangkan jumlah anggota Dewan Pertimbangan Angung diserahkan kepada Presiden. “Kami tidak ingin membatasi gerak Presiden,” ujarnya.

iklan

Berdasarkan revisi RUU yang dilihat Tempo, Dewan Pertimbangan Agung merupakan lembaga daerah yang bertugas memberikan nasihat dan saran kepada presiden. Hal ini sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 UUD 1945.

Menurut sumber Tempo di Komisi III, Majelis Pertimbangan Umum perubahan undang-undang kemarin digelar tertutup. Menurut sumber tersebut, Dewan Pertimbangan Agung akan sejajar dengan Presiden.

Draf yang direvisi menyebutkan Dewan Pertimbangan Agung akan terdiri dari seorang ketua dan beberapa anggota. Menurut Pasal 7 RUU perubahan, jumlah anggota ditentukan atas kebijaksanaan Presiden. Ketua juga dapat bergantian di antara anggota yang ditunjuk oleh presiden.

Pasal 9 menyatakan bahwa anggota Dewan Pertimbangan Agung diangkat dan diberhentikan oleh Presiden atas kebijaksanaan Presiden. Sedangkan anggota Dewan Pertimbangan Agung akan diangkat oleh Presiden paling lambat 3 bulan setelah pelantikan Presiden terpilih.

Baca Juga  Bayi yang tersiram air panas di Bogor akan dioperasi

Pilihan Editor: Airlangga Hartarto berencana bertemu Kesang lusa Apakah arahan Pilkada akan setuju?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *