Banjir di Luu Utara Sulawesi, badan bencana memperingatkan karena cuaca buruk terus berlanjut

Uncategorized28 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta Provinsi Sulawesi Selatan melanda Provinsi Luu Utara banjir Kamis, 23 Mei 2024 akibat hujan deras yang menyebabkan meluapnya Sungai Baliasse sekitar pukul 23.30 waktu setempat.

Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan pada hari Jumat bahwa banjir telah berdampak pada 812 orang atau 437 rumah tangga. Empat desa terendam banjir di Kecamatan Mappedeceng; Desa Kapidi, Desa Sendana Putih 2, Desa Ujung Matajeng dan Desa Tara Talu.

“Pada penilaian pertama, 437 rumah terendam air dengan ketinggian antara 30 hingga 100 sentimeter,” kata Abdul Muhari, Kepala Pusat Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB.

Banjir tersebut merusak empat lembaga pendidikan, delapan tempat ibadah, satu kantor desa, dan 200 hektar lahan pertanian warga. BPBD Provinsi Luo Utara bersama aparat kepolisian dan TNI serta relawan mengevakuasi warga ke tempat aman.

Sementara itu, pemerintah negara bagian Luo Utara telah memperpanjang peringatan banjir selama 90 hari yang berlaku mulai 7 April hingga 5 Juli 2024. Berdasarkan laporan penampakan, banjir sudah mulai surut. Namun BMKG memperkirakan Provinsi Luo Utara akan diguyur hujan hingga dua hari ke depan.

“BNPB mengimbau warga tetap waspada dan mewaspadai potensi bahaya bencana hidrometeorologi,” ujarnya. “Warga yang tinggal di dekat sungai harus mengungsi secara mandiri ke tempat yang aman jika terjadi hujan berkepanjangan.”

Selain itu, saat wilayah memasuki masa transisi, BNPB mengimbau masyarakat untuk memantau prakiraan cuaca di InfoBMKG dan memahami potensi risiko bencana melalui laman InaRISK BNPB.

ADINDA JASMINE PRASETYO

Pilihan Editor: Aero Culture Festival dari Indonesian Flying Club dibatalkan pasca kecelakaan pesawat BSD

klik disini ke mencari Berita terkini dari Tempo di Google News

Baca Juga  Terkait kasus Agus Rahardjo, Sudirman Saeed mengaku pernah dihina Jokowi.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *