Batas waktu pengumpulan kredit adalah 8 jam, Guild: Hindari membunuh karakter

Uncategorized129 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Menetapkan aturan yang mengatur batas waktu. Penagih hutang atau debt collector pinjaman online atau Pinjol. Menurut aturan ini, penagihan dari debitur hanya diperbolehkan sampai jam 8 malam.

Ketua asosiasi fintech Syariah Indonesia atau AFSI Ronald Yusuf Wijaya menanggapi isu tersebut. Menurutnya, kebijakan ini diperlukan untuk menghindari hal yang sering dilakukan rentenir ilegal: karakter.

“Sekarang penagihan di atas jam 8 malam tidak boleh. Kalau ilegal, mereka mengejar 24 jam. Jadi mengkhawatirkan. Mereka melakukan apa yang disebut pembunuhan karakter,” kata Ronald dari acara peluncuran Bulan Fintech Nasional dan Fintech Indonesia ke-5. Summit dan Expo 2023 di Buga Rampai, Jakarta Pusat pada hari Jumat tanggal 10 November 2023.

Sebelumnya, tata cara penagihan diatur dalam Surat Edaran OJK Nomor 19 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Layanan Dukungan Keuangan Berbasis Teknologi Informasi yang diluncurkan pada 8 November 2023.

Ronald mengatakan, sebelum kebijakan ini diterapkan, banyak rentenir ilegal yang melakukan ancaman saat menagih utang kepada peminjam. dia berkata, Penagih hutang Seringkali ia menagih uang dari pihak-pihak yang tidak seharusnya bertanggung jawab atas utang si peminjam. Ronald berkata: “Bosnya ditanyai, dia dituduh. Temannya, pacarnya, semua orang dituduh. Ini membuat orang khawatir.”

Etika penyaluran kredit



Quoted From Many Source

Baca Juga  Glenn Friedli Film ini menghadirkan 4 wanita penting dalam kehidupan Bung Glenn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *