BMKG memperkirakan banyak kota yang akan dilanda hujan dan memperingatkan hal tersebut dapat menyebabkan banjir

Uncategorized13 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaBadan Meteorologi, Iklim dan Geofisika (BMKG) Diperkirakan hujan masih akan turun di beberapa kota besar di Indonesia akibat sebaran, konvergensi, dan konvergensi badai di beberapa wilayah.

Situasi ini berpotensi meningkatkan peluang terjadinya awan hujan, kata prakiraan cuaca BMKG Nurul Tazaroh dalam keterangannya, Minggu, 9 Juni 2024, dilansir Antara.

di Pulau Sumatera, BMKG Hujan ringan diprakirakan terjadi di Tanjung Penang, Bandar Lampung, Palembang, dan Bekulu.

Hujan lebat hingga badai petir diprakirakan terjadi di Medan, Pekanbaru, dan Pangkal Piang. Cuaca cerah berawan akan terjadi di Padan, Banda Aceh, dan Jambi.

Di Pulau Jawa, hujan ringan hingga lebat berpotensi terjadi di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Langit berawan diperkirakan terjadi di Serang, Semarang, dan Yogyakarta.

Kepulauan Sanda yang lebih kecil yakni Denpasar dan Mataram akan diguyur hujan ringan. Kota Kupang diperkirakan cerah berawan.

Prakiraan BMKG memprakirakan Palangka Raya berawan, Tanjung Selor berkabut. Samarinda berpotensi hujan ringan, sedangkan Pontianak dan Banjarmasin berpotensi terjadi badai petir.

iklan

Mamuju, Makassar, dan Kendari diperkirakan cerah berawan. Sementara itu, hujan ringan disertai petir akan terjadi di Gorontalo, Kota Palu, dan Manado.

Kemudian, seluruh wilayah timur Indonesia berpotensi mengalami hujan ringan yaitu Ternet, Manokwari, Jayapura, dan Ambo.

Angin permukaan Nurul umumnya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam. Jadi, angin kencang diperkirakan akan terjadi di Nusa Tenggara Timur.

Perkiraan ketinggian gelombang laut berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspadai gelombang pasang 2,5 hingga 4 meter di Samudera Hindia sebelah barat Lampung dan selatan Jawa hingga Bali.

BMKG juga memperingatkan kemungkinan terjadinya banjir di sepanjang pesisir Sumatera Utara, pesisir Banten, pesisir Jakarta, pesisir Jawa Timur, pesisir Kalimantan Timur, dan pesisir Kalimantan Barat.

Baca Juga  Indonesia ditunjuk sebagai pemimpin Mangrove Alliance for Climate di Dubai

Pilihan Editor: Kisah Hendrix Woro menjadi viral dan semua mata tertuju pada Papua, seorang lulusan sekolah dasar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *