BMKG menyimpulkan patahan Sumedang memicu gempa bumi pada 31 Desember 2023.

Uncategorized450 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika atau BMKG Menentukan alasannya Gempa bumi Hingga 31 Desember 2023, Sumedang merupakan sesar aktif yang melintasi kota Sumedang dan belum terpetakan sebelumnya.

Berdasarkan analisa data gempa BMKG, sesar tersebut dinamakan sesar Sumedang karena melewati kota Sumedang, kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati melalui siaran pers online, melaporkan hasil kajian dan survei lapangan terkait gempa tersebut. Gempa Sumedang. 8 Januari 2024

Menurut dia, Gempa Sumedang Disebabkan oleh pergerakan sesar yang dihasilkan oleh metode inisialisasi komposit akibat gempa dangkal. Pergerakan sesar tersebut merupakan kombinasi horizontal dan ke atas serta berarah utara-selatan, ujarnya.

Zona tingkat gempa atau getaran dikendalikan oleh beberapa faktor, seperti kondisi tanah dan topografi setempat, konstruksi bangunan, dan pola sebaran tingkat gempa dikendalikan oleh sebaran komponen sesar. Relatifnya sedikit menggantung ke arah utara dan selatan, ke arah barat laut, kata Dwikoro.

Menurut dia, hasil kajian dan survei tersebut telah disampaikan kepada pimpinan daerah Provinsi Jawa Barat dan Pemprov Sumadang. Pemerintah daerah dan masyarakat harus mewaspadai kehati-hatian dan kesiapsiagaan ini. “Ini bukan untuk menimbulkan ketakutan, tapi untuk meyakinkan kita,” kata Dwikora.

iklan

Setelah mengetahui risiko dan bahaya patahan Sumedang, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan mitigasi untuk mengurangi risiko gempa bumi. Dalam hal rekonstruksi perumahan, penataan ruang wilayah perlu disesuaikan dengan zona gempa.

BMKG merekomendasikan pemerintah daerah dan instansi terkait untuk melakukan peninjauan terhadap rencana tata ruang wilayah, serta penerapan peraturan bangunan gedung atau peraturan baku bangunan tahan gempa berdasarkan peta mikrozonasi.

Kemudian melakukan pendidikan kebencanaan dan kesadaran akan bahaya secara berkelanjutan, serta membantu masyarakat agar tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak jelas seputar gempa bumi.

Baca Juga  Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Masuk RAPBN 2025, KPK Belum Dilibatkan

Selalu Pembaruan Informasi terakhir. Mendengarkan Berita terkini Dan berita pilihan dari Tempo.co Di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung kamu harus-Install Pertama, aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *