BRIN mempelajari model bahasa AI, termasuk tes deteksi peretasan

Uncategorized51 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaBadan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Mengembangkan model bahasa Kecerdasan buatan atau AI Ini membantu komputer untuk memahami, menafsirkan dan menghasilkan teks bahasa. Salah satu cabang AI bernama Natural Language Processing (NLP) dikembangkan oleh peneliti dari Pusat Penelitian Ilmu Data dan Informasi (PRSDI) BRIN.

Peneliti Kelompok Keahlian Bahasa Alami PRSDI BRIN Eftitahu Nimah mengatakan NLP terdiri dari berbagai metode analisis dan pengolahan bahasa alami. Mulai dari pemrosesan teks dan dokumen, pemrosesan bahasa alami di chatbot dan asisten virtual, peringkasan otomatis, dan lainnya, kata Eftitahu dalam keterangannya, Jumat, 17 Mei 2024.

Hingga saat ini analisis teks hanya menggunakan algoritma pembelajaran mesin, pembelajaran mendalam, dan pemodelan linguistik statistik. Menurut NLP, ia dapat mengelola data teks dan merespons informasi dengan cepat.

Kapasitasnya dibuat semanusiawi mungkin, terutama ketika berhadapan dengan data dan informasi di jejaring sosial. Itulah beberapa model populer di NLP. transformator, Representasi Encoder Dua Arah dengan Transformers (BERT)Dan Transformator Terlatih Generatif (GPT).

Penelitian NLP pada sumber daya rendah, atau NLP sumber daya rendahHal ini umumnya terfokus pada pengumpulan informasi dan evaluasi. Proses ini jarang mengatasi dampak negatif seperti ketidakseimbangan dalam representasi kelas. Masih belum ada solusi untuk persamaan ini dalam hal desain algoritmik.

iklan

Dalam kajian NLP, peneliti BRIN menggunakan dua penelitian. Deteksi di luar domain yang pertama adalah sistem diskusi berbasis klasifikasi. Studi kedua mengamati pendeteksian berita palsu berdasarkan sistem pelaporan Fiksi Daring di Indonesia.

Associate Professor Data Science Program, Monash University Indonesia (UI), Deri Wijaya, Large Linguistic Model (LLM) merupakan bagian dari Generative AI. Kapitalisasi bahasa membantu AI mengoreksi ejaan, membuat ringkasan yang lebih baik, menjawab pertanyaan dengan lebih baik, dan merespons dengan lebih alami.

Baca Juga  Viral Akibat Isu Korupsi, Begini Kisah PT Timah

Model bahasa Termasuk pelatihan komputer yang lebih intensif,” ujarnya.

Pilihan Editor: Tragedi di Sunburst BSD, pesawat alumunium yang jatuh di tengah hujan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *