Candi Prambanan Itu dikunjungi oleh 18.700 umat Hindu yang beribadah pada tahun 2023.

Uncategorized165 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaCandi Prambanan Ia dikenal sebagai salah satu nenek moyang pulau-pulau tersebut. Setiap tahun candi ini terletak di Yogyakarta Dikunjungi oleh jutaan wisatawan lokal dan asing. Kini, candi abad ke-9 ini tidak hanya menjadi tujuan wisata tetapi juga menjadi pusat peribadahan umat Hindu.

E Nengah Duja, Direktur Jenderal Pembinaan Masyarakat Hindu Kementerian Agama (Ditgen Bimas Hindu), mengatakan hingga November 2023, 18.700 umat Hindu akan mengunjungi pura untuk beribadah di pura.

“Jumlah kunjungan keagamaan 18.700. Ini sangat besar. Ini amanah Presiden Jokowi dan Gus Yakut (Menteri Agama). (Yakut Cholil Kumas)Pada acara tersebut Nengah mengatakan, “Kami diberikan tempat untuk melakukan kegiatan keagamaan di Candi Prambanan yang untuk pariwisata. Koleksi media Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu di Bogor, Sabtu malam, 8 Desember 2023.

Dia menambahkan orang-orangnya. Hindu Mereka yang beribadah di pura tersebut tidak hanya berasal dari india namun juga dari berbagai negara termasuk India. Ada beberapa kalender ritual yang diikuti umat Hindu di Candi Prambanan, salah satunya adalah Hari Nefi. Festival Hindu diadakan setahun sekali pada bulan Maret. Sehari sebelumnya, umat Hindu melaksanakan upacara Tawur Agung di pura.

“Taur Agung 2023 bisa mempertemukan lebih dari 10 ribu umat Hindu di Pulau Jawa dan daerah lainnya,” kata Nengah.

iklan

Selain itu ada festival Sivaratri yang dirayakan setiap enam bulan sekali. “Kegiatan keagamaan Hindu totalnya ada 34, yang berkaitan dengan ritual, dan itu sudah menjadi kalender tetap,” tambah Nengah.

Candi Prambanan telah ditetapkan sebagai tempat peribadatan umat Hindu di seluruh dunia pada tahun 2022, begitu pula dengan Candi Borobudur sebagai pusat peribadahan umat Buddha. Kesepakatan pengoperasian candi ini dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Agama; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemprov Jawa Tengah.

Baca Juga  Persamaan 1: Banteng Merah Diprediksi akan kembali mendominasi balapan pada 2024, berikut tanggapan Max Verstappen

Nengah mengatakan Kementerian Agama belum memutuskan target ziarah ke pura tersebut. Namun, ia berharap jumlahnya bisa mencapai jutaan jika semua strategi dilakukan untuk menjadikan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah umat Hindu. Mendorong pemanfaatan Candi Prambanan sebagai destinasi wisata dan pusat peribadahan umat Hindu dunia merupakan salah satu program prioritas Direktorat Jenderal Bimas Hindu pada tahun ini.

Pilihan Editor: Candi Prambanan akan ditutup selama 24 jam dalam rangka Hari Nipi.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *