Cara mengisi Singapore Arrival Card, dokumen wajib sebelum masuk ke Singapura

Uncategorized489 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaAda banyak negara di Asia Tenggara yang bisa menjadi tujuan wisata, salah satunya adalah Singapura yang letaknya dekat dengan Indonesia.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan wisatawan sebelum ke Singapura. Satu hal yang harus Anda miliki adalah Singapore Arrival Card atau Kartu tujuan SG.

Dokumen ini wajib dilengkapi oleh wisatawan asing sebelum melakukan perjalanan ke Singapura.

Dikutip dari situs Singapore Destination Card, kartu ini awalnya diperkenalkan oleh pemerintah Singapura sebagai formulir pernyataan kesehatan yang berisi informasi mengenai status kesehatan para pelancong dan wisatawan selama pandemi Covid-19.

SG Arrival Card merupakan tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih lanjut di Singapura.

Kartu ini digunakan untuk menggantikan formulir kesehatan berbasis kertas yang sebelumnya digunakan. Meski jumlah kasus Covid-19 mengalami penurunan, namun peraturan mengenai kedatangan SG tetap berlaku.

Oleh karena itu, setiap pengunjung yang berencana memasuki Singapura wajib menjawab serangkaian pertanyaan terkait kesehatan. Langkah ini diambil sebagai upaya mencegah berbagai penyakit menular seperti demam kuning, MERS, dan Ebola.

Lalu bagaimana cara isi ulang Singapore Arrival Card? Lihat ringkasan data selengkapnya di bawah ini.

Cara isi ulang Kartu Destinasi Singapura

iklan

Kartu Kedatangan Singapura berbeda dengan visa. Singapura. Oleh karena itu, setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke Singapura harus memiliki visa Singapura dan mengisi SG Destination Card.

Kartu ini harus terisi penuh tiga hari sebelum kedatangan di Singapura. Ketentuan ini bertujuan untuk menghindari penundaan yang tidak perlu dalam proses imigrasi setibanya di Singapura.

Jika pengunjung memberikan informasi palsu pada kartu, mereka dapat didenda SGD 10.000 – 20.000 atau dijatuhi hukuman 6-12 bulan penjara.

Baca Juga  Pakar hubungan menyebutkan ada hubungan antara jatuh cinta dan fungsi otak

Sebelum mengisi SG Destination Card, pastikan untuk menyiapkan paspor, kode transportasi sesuai moda yang dipilih, dan informasi mengenai hotel atau tempat Anda akan menginap di Singapura. Lamaran dapat dilakukan secara online sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi seluler MyICA atau kunjungi situs https://eservices.ica.gov.sg/sgarrivalcard.
  • Buka aplikasi dan pilih opsi ‘Pengunjung Asing-SGAC’ (termasuk Pemegang In-Principle Proval (IPA)) lalu klik ‘Go to SG Arrival Card’. Opsi ini berlaku jika Anda bukan pengunjung, bukan warga negara Singapura, pemegang izin tinggal tetap atau izin tinggal jangka panjang.
  • Kemudian pilih ‘Individual Submission’ jika Anda mengirimkannya sendiri atau ‘Group Submission’ jika Anda bepergian bersama keluarga atau rombongan.
  • Kemudian isi kolom informasi berikut ini, antara lain:

Bagian I Informasi Pribadi: – Pada bagian ini seperti nama, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, kewarganegaraan, nomor paspor, masa berlaku paspor, alamat email dan kode negara harus diisi dengan nomor telepon. Klik “Konfirmasi” setelah selesai.

Bagian II Informasi Perjalanan: – Pada bagian ini isikan informasi seperti tanggal kedatangan di Singapura, moda transportasi, kode transportasi dan nomor pada tiket, jenis akomodasi selama di Singapura (hotel/rumah/lainnya), tanggal kepulangan dari Singapura dan jawabannya. Banyak pertanyaan kesehatan. Klik “Konfirmasi” setelah selesai

  • Unggah sertifikat vaksinasi sesuai persyaratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan klik “Verifikasi”.
  • Lihat pratinjau dan masukkan captcha yang ditampilkan di halaman untuk melanjutkan proses aplikasi.
  • Jika semua informasi yang dimasukkan cocok dengan data pribadi dan detail perjalanan Anda, klik “Kirim”.
  • Setelah aplikasi selesai, unduh dokumen Kartu Akses SG Anda.

Putri Raden

Pilihan Editor: 7 Tempat Wisata Singapura Murah yang Bisa Dikunjungi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *