Dampak bocornya pipa PM di Pethamburan: Rumah warga terendam air limbah, barang terendam.

Uncategorized164 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Banjir di kawasan Petamburan IV, Tanah Abang, Jakarta Pusat sudah beberapa waktu tak terbendung. Misalnya, rumah Devi yang menjadi salah satu lokasi terdampak. Pipa PAM bocor Pada 21 September 2023, Devi mengaku sempat panik dengan hal tersebut.

“Iya kaget waktu itu karena tiba-tiba rumah saya kebanjiran air kotor, warnanya hitam banget, sampai ke ruang tamu,” kata Devi saat dihubungi di kediamannya, Sabtu, 23 September 2023.

Pipa milik Perusahaan Daerah (Perudada) Air Minum Jaya (PAM Jaya) jebol pada Kamis pekan lalu di Jalan Pethamburan IV, Desa Pethamburan. Peristiwa ini menyebabkan banjir di wilayah tersebut dan memutus pasokan air ke 41 wilayah.

Devi tinggal di salah satu pemukiman di kawasan Pethamburan IV. Menurut dia, kebocoran pipa PM menyebabkan tertutupnya akses jalan. Saat petugas PEM sedang memperbaiki pipa, suara mesin terdengar oleh warga sekitar.

Petugas terlihat bekerja di antara para pedagang yang mendirikan lapaknya di sepanjang Jalan Petamburan IV Tanah Abang. Khawatir dengan banjir tersebut, Devi langsung mengadu dan menghubungi petugas PAM Jaya. Hanya rumahnya yang terendam banjir.

Sementara itu, warga membangun semacam saluran untuk mencegah air masuk ke rumah Devi. Petugas Pengelola Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) pun turut hadir membantu. “Airnya setinggi satu kaki,” katanya.

Sebelum rumahnya terendam banjir, Davie, pipa PAM pecah. Warga melaporkan kejadian tersebut sehingga petugas PAM datang pada pagi hari.

Davie mengatakan, petugas datang hanya untuk melihat dan mendokumentasikan aliran air. Akibatnya arus semakin deras dan menyebabkan banjir pada malam itu juga.

“Sebelum PAM datang lagi malam itu, ada kebocoran besar di rumah saya,” jelas Davy.

Baca Juga  Kementerian Perdagangan: Permohonan Temu belum mendapat persetujuan, tidak sesuai dengan regulasi model bisnis

Menurut dia, genangan air akibat pipa bocor juga terjadi pada Sabtu, 16 September 2023. Tiga hari kemudian, warga melaporkan kejadian ini, namun tidak ada tindak lanjut.

iklan

Gatra Vaganza, Direktur Komunikasi Korporat dan Kantor Pam Jaya, mengatakan pipa tersebut retak sepanjang dua meter.

Tumpahan pipa Pam Jaya juga berdampak pada bisnis salon Edo di kawasan Jalan. Petamburan Raya. Dua hari setelah pipa pecah, jalan tertutup air dan kehilangan pelanggan. Aliran airnya juga rendah.

“Saya tidak hitung pasti biaya bahannya, tapi ya karena jalan ditutup, pelanggan yang datang ke salon jadi lebih sedikit,” kata Edo.

Pam Jaya, pemilik Edo Salon, mengatakan petugas telah mendaftarkan warga yang terkena dampak untuk mendapatkan kompensasi. Petugas menanyakan identitas, nomor identitas, nomor kontak, dan nomor registrasi air PAM kepada warga.

Di sisi lain, banjir juga melanda toko-toko sembako di sepanjang Jalan Pethamburan Raya. Menurut Risto, pemilik toko, banyak barang seperti biskuit dan sereal yang terendam air.

Dia mengatakan kejadian ini terjadi dengan cepat. Tidak ada waktu untuk menyimpan produk. “Kantong di atas masih bisa diselamatkan, tapi yang di bawah tidak bisa,” ujarnya.

Meski begitu, masih ada warga yang tidak kesal dengan saluran air ini. Sebagian besar warga menggunakan air bawah tanah, sehingga tidak ada masalah dalam penyediaan air PAM Jaya berdiri.

LAYLA AISYAH

Pilihan Redaksi: 50 Persen Pedagang di Pasar Kutabumi Tangerang Tak Berjualan Brutal Usai Diserang Preman



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *