Di tahun 10 negara paling tidak korup pada tahun 2023; Singapura berada di peringkat ke-5.

Uncategorized146 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaTransparansi Internasional, Sebuah organisasi masyarakat sipil internasional yang berbasis di BerlinDi tahun Lembaga ini merilis Indeks Persepsi Korupsi (CPI) tahun 2023 dan menempatkan Singapura pada peringkat kelima, satu-satunya negara Asia yang masuk dalam 10 negara dengan tingkat korupsi paling sedikit.

CPI memberi peringkat pada 180 negara dan wilayah secara global dalam hal korupsi sektor publik, dengan skor berkisar antara 0 (sangat korup) hingga 100 (sangat bersih).

Menurut Transparency.org.au, dunia sedang menghadapi melemahnya sistem peradilan, yang mengurangi akuntabilitas pejabat pemerintah dan memungkinkan korupsi merajalela.

Transparency International Indonesia dalam situsnya menyatakan bahwa CPI Indonesia mengalami penurunan selama lima tahun terakhir. Di bawah kepemimpinan Joko “Jokowi” Widodo. Skornya adalah 40 pada tahun 2019 dan turun menjadi 34 pada tahun 2022 dan 2023, dari peringkat 115 menjadi 180.

CPI menunjukkan bahwa banyak negara hanya mencapai sedikit atau tidak ada kemajuan dalam pemberantasan korupsi. Angka ini hanya 43 poin di bawah rata-rata global, dengan lebih dari dua pertiga negara mendapat skor di bawah 50.

Menurut Transparansi Internasional, daftar sepuluh negara paling sedikit korupsinya di dunia pada tahun 2023 adalah sebagai berikut.

1. Denmark

Denmark, yang mencetak 90 poin dari 100, berada di puncak daftar dan telah memegang posisi ini selama bertahun-tahun, setidaknya selama lima tahun terakhir.

2. Finlandia

Dengan 87 poin, Finlandia tetap dekat dengan tetangganya Denmark, dan posisinya tidak berubah dibandingkan tahun lalu.

3. Selandia Baru

Selandia Baru, negara kepulauan di Oseania, berada di peringkat ketiga. Skor CPI turun menjadi 85 dari tahun lalu 83.

4. Norwegia

Salah satu negara Skandinavia menempati peringkat keempat dalam CPI 84.

Baca Juga  KAI akan mengoperasikan 20 kereta lagi untuk long weekend Hari Raya Waisak.

5. Singapura

Singapura adalah satu-satunya negara Asia yang masuk dalam 10 besar negara bebas korupsi sejak indeks tersebut pertama kali diterbitkan pada tahun 1995. Singapura berada di peringkat kelima dengan skor CPI 83.

6. Swedia

Swedia adalah negara Eropa lainnya yang berhasil memberantas praktik korupsi. Dia mencetak 82 poin dan menempati posisi keenam.

7. Swiss

Seperti Swedia, Swiss juga mendapat skor CPI 82.

8. Belanda

Belanda memiliki skor CPI yang baik yaitu 79 dan merupakan negara dengan tingkat korupsi terendah kedelapan di dunia.

9. Jerman

Jerman yang sebelumnya terbagi antara Jerman Timur dan Barat memperoleh 78 poin, hanya tertinggal satu poin dari Belanda.

10. Luksemburg

Negara kecil di benua Eropa ini mendapat nilai CPI 78, menyamai skor Jerman; Hal ini menjadikannya salah satu negara yang paling sedikit korupsinya di dunia, menurut Transparansi Internasional.

Ananda Rido Sulistya

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *