Diakui Honda, penjualan sepeda motor mengalami penurunan di awal tahun

Uncategorized103 Dilihat

GOOTO.COM, Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) mengakui penjualan sepeda motor akan menurun dari tahun ke tahun pada awal tahun 2024. Direktur Pemasaran PT AHM Octavianus Dewey Putro menjelaskan, ada beberapa penyebab turunnya penjualan sepeda motor.

iklan

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor di dalam negeri mencapai 1.151.343 unit pada Januari hingga Februari tahun ini. Sedangkan tahun lalu mencapai 1.190.918 unit, artinya turun 39.575 unit.

Harga komoditas sebenarnya masih tinggi tapi tidak naik, itu dampaknya, kata Okta di Jakarta, Selasa, 26 Maret 2024.

“Tentunya Pulau Jawa lebih terdampak, beberapa bulan terakhir terjadi hujan lebat, kemudian panen tertunda, kemudian banyak daerah yang terdampak banjir, sepertinya kita juga terkena dampaknya,” imbuhnya.

Okta, di sisi lain, menjelaskan pihaknya harus menjaga permintaan saat lebaran yang biasanya cenderung meningkat seiring berjalannya waktu. Dia mengatakan, data penjualan bulan Maret akan lebih baik dibandingkan bulan lalu.

“Terus kalau dilihat itu data AISI, saat AISI tayang memang tidak terlalu turun turun, tapi kita ingin sahamnya tetap sehat, ada juga saham yang ingin kita hold di pasar, tapi itu hanya cukup sebelum Ed ini: Maret ini, baik kita maupun yang lain. “Siarannya akan sangat bagus apalagi menjelang Idul Fitri,” jelasnya.

Sementara itu, Executive Vice President (EVPD) PT AHM Thomas Wijaya mengatakan meski mengalami penurunan, Honda masih mendominasi pasar sepeda motor di Indonesia dengan menguasai 76 persen total penjualan domestik.

“Kondisi pasar dalam dua bulan terakhir mengalami sedikit koreksi sekitar 3 persen dibandingkan awal tahun 2023. Pangsa kami di awal tahun ini masih berkisar 76 persen,” kata Thomas.

Baca Juga  Hasil Piala Asia U-23 2024: Kartu merah, Timnas U-23 Indonesia kalah 0-2 dari Uzbekistan.

Pilihan Editor: Rentetan kecelakaan di Gerbang Tol Halim akibat kelalaian mobil

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Datang dan bergabunglah keanggotaan.tempo.co/komunitas Pilih grup GoOto



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *