Diki Bawaslu langsung mengumumkan hasil pemeriksaan dugaan Persatuan Desa mendukung Prabowo-Gibra.

Uncategorized153 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaBawaslu DKI Jakarta segera mengumumkan hasil penyidikan pelanggaran pemilu pada Majelis Nasional Persatuan Desa yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI).

Alasannya, acara yang dihadiri para kepala desa untuk mendukung pasangan calon presiden nomor urut 2 tersebut. Prabu Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Minggu depan kita konferensi pers ya, kata Benny Sabdo, Koordinator Bidang Penanganan Pelanggaran Dicky Jakarta, melalui pesan singkat. waktuRabu, 6 Desember 2023.

Pada hari Minggu tanggal 19 November 2023, telah dilaksanakan pertemuan delapan kepala desa desa Bersatu antara lain APDESI, DPN PPDI (Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Perangkat Desa Seluruh Indonesia) dan ABPEDNAS (Asosiasi Badan Pertimbangan Nasional Desa) di ruang dalam ruangan United Villages. Stadion Serbaguna, Gelora Bung Karno, Jakarta Rapat tersebut sebenarnya dihadiri elite Partai Koalisi Indonesia alias KIM, calon pasangan Prabowo-Gibran.

Gibran dan istrinya Selvi Ananda hadir dalam acara tersebut. Kedatangannya disambut sorak riuh ribuan kepala desa yang meneriakkan nama putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Mereka menghampiri Gibran dan saling bertatap muka untuk berjabat tangan dan meminta foto bersama.

Koordinator Nasional Desa Bersatu Mohammad Asri Anas mengaku Desa Bersatu berencana mengusung calon nomor urut dua. Komite Persahabatan disebut sudah menyiapkan pernyataan. Rencana tersebut kemudian dibatalkan setelah penyelenggara negara melanggar undang-undang pemilu terkait netralitas.

Untuk itu, agenda majelis nasional dan seluruh forum perlu dipublikasikan.

“Setelah diskusi kita tadi (Sabtu) malam, akhirnya kita sepakati pertemuan persahabatan tahunan kita karena pertemuan itu memang menjadi wadah kita menyampaikan keinginan,” kata Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi Adesi, Koran Tempo.

Asri mengatakan, alasan Desa Bersatu mendukung Prabowo-Gibra karena hanya pasangan ini yang berkomitmen menyetujui keinginan kepala desa.

Baca Juga  Andy Wijajanto dikabarkan mundur dari jabatan Gubernur Lemhanas

iklan

Keinginan tersebut antara lain mengalokasikan dana desa sebesar 5 miliar Birr per tahun, menilai ketersediaan pendamping desa, dan mengevaluasi hasil yang diperoleh melalui musyawarah desa untuk mengalokasikan 70 persen dana desa untuk kegiatan pembangunan.

Benny mengatakan Dickie Bawaslu saat ini sedang memanggil seluruh pihak yang terlibat dalam pertemuan tersebut. Beni menjelaskan, pemanggilan itu untuk memastikan keterlibatan APDESI yang mendukung Prabowo-Gibra.

“Ini kami dalami secara resmi untuk mengusut persoalan yang dilontarkan oleh pengurus desa, perangkat desa, badan permusyawaratan desa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2,” ujarnya.

Di tahun Menurut Pasal 280 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), kepala desa, perangkat desa, dan anggota badan desa dilarang menjadi kelompok eksekutif/kampanye calon presiden dan wakil presiden.

Selain itu, Pada tahun 2014, Undang-Undang Nomor 6 tentang Desa mengatur bahwa kepala dan perangkat desa harus ikut serta dalam hal ini. Kampanye Mereka juga dikenakan sanksi administratif, teguran lisan maupun tertulis.

Koran Tempo

Pilihan Editor: Firli Bahuri selesaikan sidang kedua sebagai tersangka, belum ditangkap



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *