DPR mengambil keputusan presiden tentang TNI, Poliri, dan kementerian daerah, pembahasan akan dilanjutkan setelah reses

Uncategorized20 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaWakil Ketua DPR atau DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya sudah menerima empat surat presiden (surpres) terkait rancangan undang-undang (RUU) tersebut. RUU PolisiUU Departemen Luar Negeri dan UU Imigrasi.

Perpres sudah diterima, tapi DM (daftar permasalahan) belum diterima, kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 8 Juli 2024.

Namun, dia mengatakan pembahasan keempat RUU tersebut akan terus berlanjut setelah jeda. Jadi kita tunggu DM dari pemerintah. Tapi sebentar lagi kita rehat, tentu nanti kita bicara, ujarnya.

Dasco mengatakan pihaknya belum mengetahui sikap pemerintah terhadap empat RUU tersebut. “Kalau Perpres sudah berlaku, tapi DMnya belum, kita belum tahu apa yang diubah atau ditentang pemerintah atau apa yang diperbaiki,” ujarnya.

Meski tiga dari empat RUU yakni RUU TNI, RUU Polri, dan RUU Kementerian Negara mendapat kritik dari masyarakat, DPR mengaku melihat prinsip keadilan.

Nah, isi pokok yang kita bahas di sana adalah usia pensiun yang diterapkan bertahun-tahun lalu saat kita merevisi UU Jaksa Penuntut Umum, kata politikus Partai Gerindra itu.

“Saat usulan perubahan UU TNI dan Poliri sempat terkendala tahapan pemilu karena tidak terburu-buru. Sekarang tahapan pemilu sudah lewat, kita lanjutkan pembahasannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Sidang Umum DPR RI ke-18 abad 2023-2024 menyetujui rancangan undang-undang yang diajukan Badan Legislatif (Baleg) DPR tentang perubahan UU Nomor 39 Tahun 2008. Disajikan atas inisiatif DPR.

“Bisakah itu disetujui?” Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasko Ahmad memimpin rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 28 Mei.

Pertanyaan tersebut dijawab positif oleh seluruh anggota Dewan dan perwakilan kelompok yang hadir dalam Sidang Paripurna Partai Rakyat Demokrat. Disahkannya RUU Kementerian Negara menjadi RUU usulan DPR bersamaan dengan tiga RUU lainnya, yakni RUU Keimigrasian, RUU Kepolisian, dan RUU TNI.

Baca Juga  Mahasiswa Baru Unri Dituduh IPI, Berikut Timeline dan Jawaban Rektor

Selain itu, DPR menegaskan pembahasan RUU TNI dan Polri akan terus berlanjut…



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *