Dukapil Jakarta Selatan ajukan penghentian 8.112 NIK KTP DKI

Uncategorized63 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Suku Dinas Pencatatan Sipil dan Umum Jakarta Selatan mengusulkan penghapusan 8.112 nomor identitas masyarakat (Vin) untuk Kementerian Dalam Negeri (dari Mendagri).

Di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan Muhammad Nurrahman, “Pemusnahan status informasi kematian dan status informasi RT yang hanya 8.112 NIK tidak berfungsi” di kantor, Selasa, 28 Mei 2024

Menurut Nurrahman, tujuan penonaktifan NIK adalah untuk menstrukturkan dan mengontrol dokumen publik seperti perumahan.

Menonaktifkan KTP NikeID Akun) diatur dalam Pasal 15 Ayat 2 Undang-Undang (UU) Nomor 23 tentang Administrasi Negara.

Dijelaskan, setiap penduduk yang sudah lebih dari satu tahun tinggal di alamat baru atau terafiliasi dengan manajemen lain wajib menyelesaikan proses pindahan.

Ia mengatakan, warga yang termasuk dalam kategori ini akan diminta berpindah tempat tinggal dan kemudian menonaktifkan NIK secara bertahap. “Itu menjadi dasar kami untuk menjalankan prosedur terkait informasi publik,” ujarnya.

Pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perlindungan Anak dan Pengawasan Umum (PPAPP) dan Dasawisma untuk melakukan proses pendataan.

iklan

Dalam proses ini, pihaknya telah menginformasikan kepada warga untuk melakukan proses verifikasi data kependudukan yang dapat diverifikasi melalui website. https://jawara-dukcapil.jakarta.go.id/ On line.

Pemerintah Kabupaten (Pemprov) Diki Jakarta telah mengusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri untuk menonaktifkan 92 ribu Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga Jakarta.

Di tahun Hingga Mei 2024, Layanan Dukapil Diki Jakarta telah memindahkan sebanyak 213.831 warga yang tidak berdomisili di Jakarta ke administrasi publik sebagai tempat tinggalnya.

Selain 213.831 warga tersebut, terdapat 1.170 warga berstatus ASN dan 42.000 warga lainnya yang Nomor Induk Kependudukan (NIK)-nya dibatalkan dengan status meninggal.

Pilihan Editor: Cerita dari penampungan sementara warga Kampung Bayam yang mengungsi: Perjuangan belum usai

Baca Juga  FIF menargetkan pembiayaan sepeda motor Honda mencapai 40 triliun dolar pada tahun ini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *