Gempa berkekuatan M 4,1 dirasakan warga Kepulauan Batu, Minantawai.

Uncategorized397 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaGempa bumi Guncangan tektonik berkekuatan 4,1 mengguncang Kepulauan Batu, Sumatera Utara pada Minggu, 7 Januari 2024. Analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Ahadi Suadi mengatakan, pusat gempa terletak pada koordinat 0,34° Lintang Selatan. 98,81° BT. Letaknya 66 kilometer tenggara pantai Kepulauan Batu.

Ahadi mengatakan gempa tektonik merupakan gempa dangkal yang disebabkan oleh Sesar Minantawi. Kedalaman gempa 10 kilometer.

Memperhatikan letak gempa dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat pergerakan Sesar Mentawai, kata Ahadi, Minggu.

Ahaadi mengatakan, tidak ada gempa susulan pasca gempa berkekuatan 4,1 SR tersebut. Berdasarkan pantauan kami, hasil pantauan BMKG sejak pukul 10.50 WIB tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa, ujarnya.

Sementara dampak gempa dirasakan masyarakat Pulau Batu yang berada di rumahnya. Kemudian hanya didengar oleh segelintir orang di Kepulauan Mentawai dan Pasaman Barat.

iklan

Hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami, kata Ahadi.

Ahadim juga meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh hal-hal yang belum dapat dibuktikan kebenarannya. Kemudian Anda bisa menghilangkan bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan yang Anda tempati cukup tahan gempa atau tidak terjadi kerusakan akibat gempa yang dapat mengancam kestabilan bangunan,” kata Ahadi.

Pilihan Editor: Badan Geologi mengidentifikasi kemungkinan gempa di dekat kampus Jatinangor dari Silyunyi-Tanjungsari bagian barat.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Makna Mendalam Dibalik 5 Pernak Pernik Natal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *