Gempa Morotai berkekuatan 5,4 SR yang disusul guncangan pertama

Uncategorized184 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Dewan Meteorologi, Iklim dan Geofisika (BMKG) laporan Gempa bumi Tektonik mengguncang pantai barat laut pulau itu dengan kekuatan 5,4 skala Richter. MorotaiMaluku Utara, Selasa 5 Desember 2023 pukul 19.36.37 WIB.

Episentrum gempa terletak di 2,62° LU dan 128,22° BT atau tepatnya 62 km timur laut Puladoi, 42 km lepas pantai.

Berdasarkan lokasi gempa dan kedalaman hiposenter, gempa akibat kendali Lempeng Laut Filipina ini merupakan gempa dangkal, kata Daryono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG. Pernyataan, Selasa.

Hasil analisis mekanis sumber menunjukkan gempa ini memiliki mekanisme pergerakan tekanan, ujarnya.

Gempa ini berdampak dan dirasakan di wilayah Morotai dengan skala kuat IV MMI yaitu getarannya dirasakan seluruh warga, banyak warga yang terbangun. Di wilayah Halmahera Utara, skala intensitas III MMI III, getarannya jelas terasa hingga ke dalam rumah, seperti ada truk yang melintas.

iklan

Hasil model menunjukkan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga pukul 20.15 WIB, hasil pantauan BMKG menunjukkan masih ada pergerakan pasca guncangan.

“Disarankan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang belum dapat dibuktikan kebenarannya,” kata Dariono.

Selalu Pembaruan Informasi terakhir. Mendengarkan Berita terkini Dan berita pilihan dari Tempo.co Di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung kamu harus-Install Pertama, aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Baca Juga  4 alasan mengapa paspor tidak digunakan untuk bepergian ke luar negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *