Gempa yang mengguncang Lombok dan Bali malam ini ternyata tidak mampu menimbulkan tsunami.

Uncategorized200 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Wilayah Bali dan Lombok berguncang Gempa bumi Pengukuran M4.8 terjadi pada Kamis malam, 25 Januari 2024, pukul 21.41 WIB atau 22.41 waktu setempat. Sekitar satu jam kemudian, BMKG mencatat adanya gelombang kejut.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, gempa berpusat di laut, 55 kilometer tenggara Kuta Selatan, Bali. Pusat gempa utama berada di kedalaman 101 kilometer.

“Gempa sedang jenis ini disebabkan oleh deformasi batuan yang tersubduksi di bawah Lempeng Eurasia hingga Lempeng Indo-Australia,” jelas Dariono.

Gempa bumi terasa di wilayah Kota Mataram, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah dengan skala III MMI. Ini setara dengan getaran nyata yang terdengar seperti suara mobil yang melewati rumah.

iklan

Kemudian di Kuta, Kuta Selatan, Tabanan, Klungkung, Banli, Gianyar, Karangasem, Denpasar dalam skala pelemahan yakni II-III MMI. Sedangkan di Lombok Utara dan Sumbawa Barat, MMI II atau gempa susulan hanya dirasakan beberapa orang dan terguncangnya benda ringan.

Daryono menambahkan, BMKG belum menerima laporan mengenai kerusakan akibat gempa yang terjadi malam tadi. Hasil pemodelan langsung menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami, ujarnya.

Pilihan Editor: Google telah membatalkan kontrak dengan perusahaan data AI Australia yang melatih Bard.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Trump: Masalah Biden bukanlah usia, tapi kompetensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *