Genomic Forum 2023 adalah platform pelatihan ilmiah siap pakai bagi para peneliti.

Uncategorized143 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Genomics Forum 2023 akan diselenggarakan di Jakarta. Forum diskusi ini diperuntukkan bagi para pengambil kebijakan dan peserta Peneliti Pakar genomik dari Inggris dan Indonesia. Harapannya, pertemuan ini dapat menjadi wadah untuk membangun jaringan kerja sama riset dan teknologi jangka panjang antara kedua negara. Acara ini dapat digunakan untuk memperkenalkan teknologi dan penelitian baru di bidang genomik kepada para profesional kesehatan serta membimbing para ilmuwan untuk berpikir kritis dan mempraktikkan analisis data.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu publikasi Majalah Meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak positif kemajuan teknologi di bidang ini terkait genomik dan meningkatkan kerja sama kedua negara.

Peneliti senior dari lab Genomics Solidarity Indonesia (GSI) dan Universitas Indonesia Ariel Pradipto PhD mengatakan dengan adanya kegiatan ini, peserta akan meningkatkan keterampilannya dalam menganalisis dan menafsirkan data genom dalam konteks biomedis, klinis, dan kesehatan masyarakat umum. Menulis dan mengkomunikasikan temuan. “Bekerja dalam tim yang terdiri dari 2 orang dalam suatu proyek dan belajar dari peneliti dari proyek lain. Peserta akan langsung mengerjakan datanya sendiri dengan tujuan untuk meningkatkan nilai pekerjaannya saat ini dan mengembangkan keterampilan praktis secara umum,” ujarnya dalam siaran pers. . Diterima 19 Desember 2023 oleh Tempo.

Genomik Ini adalah studi tentang seluruh atau sebagian informasi sirkuit genetik atau epigenetik suatu organisme dan upaya untuk memahami struktur dan fungsi sirkuit tersebut dan produk biologis hilirnya. Genomik dalam kesehatan mengkaji mekanisme molekuler dan hubungan antara data molekuler dan intervensi kesehatan serta faktor lingkungan dalam penyakit.

Pada Genomic Forum 2023 akan dirilis kegiatan Genomics and Science Dojo yang diinisiasi oleh Semitic Development Institute (SID), Oxford University Clinical Research Unit (OUCRU) Indonesia, Genomic Unity Indonesia (GSI) Academy dan Human Nutrition Research. Pusat-Lembaga Pendidikan dan Penelitian Kedokteran Indonesia (HNRC-IMERI FKUI).

Baca Juga  Bamsot mendorong peningkatan kemandirian pangan di pedesaan.

“Acara dojo dan workshop ini akan memberikan dampak yang sangat besar bagi komunitas peneliti genomik di Indonesia dan akan mengarah pada analisis data dan publikasi yang lebih komprehensif terkait genomik,” kata Anuraj H Shankar dari Oysiru-Indonesia. Unit Penelitian Klinis Universitas Oxford (OUCRU) adalah unit penelitian klinis dan kesehatan masyarakat besar yang berkantor di Vietnam, Indonesia, dan Nepal. Institut ini merupakan bagian dari Pusat Pengobatan Tropis dan Kesehatan Global di Universitas Oxford (Inggris).

Genomics and Science Dojo (GSD) adalah cara baru untuk memberikan pelatihan praktis dan “on-the-brain” dalam berpikir kritis, analisis berkualitas tinggi, dan penulisan ilmiah. Peserta akan menerima pendampingan dan sumber daya pelatihan internasional dan nasional untuk meningkatkan kemampuan ilmuwan dalam mengembangkan analisis yang jelas dan konklusif yang menyoroti isu-isu utama dan kesimpulan.

iklan

Dojo dibangun berdasarkan prinsip seni bela diri dan dimaksudkan sebagai “tempat menemukan jalan” sebagaimana diterjemahkan dari bahasa Jepang. Hal ini didefinisikan sebagai pengetahuan melalui praktik langsung keterampilan inti dan melalui “argumen” yaitu kritik dan pembelaan seseorang.

“Pendekatan ini dimaksudkan untuk mengakui sifat kritis ilmu pengetahuan, dan diskusi kritis terbuka adalah sebuah norma yang jarang terjadi dalam konteks tradisional. “Dojo ini fokus pada latihan berpikir kritis, psikologi positif, dan mengasah kemampuan berpikir dan retorika, semuanya melalui pendekatan atau yang kita sebut “Shinjitsu,” pencarian kebenaran,” kata Daniel Fattori. dari Universitas São Paulo, Brasil, dan Felipe Argolo, Ph.D., dari Universitas Bahia, Brasil, yang ikut menciptakan konsep Genome dan Science Dojo.

Ada beberapa topik yang dibahas selama lokakarya. Pertama, buat analisis genom inti dari alat tinjauan sejawat, siapkan/modifikasi rencana analisis, pilih variabel yang relevan, dan identifikasi kesenjangan data. Ada juga ilmu menilai kualitas data, keandalan, validitas dan konsistensi internal, memeriksa tren spasial dan temporal, penilaian data kualitatif, pembelajaran mesin dan alat analisis data besar, keterampilan penalaran persuasif lisan dan tertulis, serta keagenan dan pemberdayaan pribadi.

Baca Juga  KAWS:HOLIDAY hadir di pelataran Candi Brahma Prambanan dua minggu

Kegiatan dojo ini akan dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2024 untuk GSD dan Maret 2024 untuk GSW. GSW merupakan workshop intensif yang didanai oleh Kedutaan Besar Inggris dimana para peserta dilatih secara ilmiah, intelektual dan ilmiah. GSW rencananya akan digelar selama 4-5 hari.

“Pada awal lokakarya novel dan penulisan analitis dan ilmiah di Genomics and Science Dojo, para ilmuwan, baik senior maupun mahasiswa, juga akan mengembangkan keterampilan berpikir kritis, hak pilihan dan pemberdayaan pribadi, psikologi positif, keterampilan persuasif dan penulisan bahasa Inggris, analisis data, dan penulisan. keterampilan. Naskah,” kata Yun Dwi Setiyawati, MSc, Head of Summit Development Institute.

Pilihan Editor: Peneliti: El Nino dan kejadian IOD positif bisa membuat Indonesia kering, menunda musim hujan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *