Gubernur Kaltara komitmen dalam mendukung pengembangan umkm

Uncategorized63 Dilihat

RedaksiHarian – Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang menegaskan komitmennya dalam mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kaltara.

“Saya mengakui tantangan yang dihadapi UMKM dalam beradaptasi dengan era digital, terutama di wilayah yang masih memiliki kendala akses,” kata Zainal saat pembukaan Festival Karya Kreatif Benuanta di Kota Tarakan, Minggu.

Festival tersebut sebagai puncak Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Kaltara.

Meskipun demikian, ia melihat Gernas BBI sebagai peluang emas untuk mendukung peralihan ini.

“Dengan Gernas BBI tahun 2023 ini kita bersyukur, karena bisa meningkatkan rasa bangga kami dengan buatan Indonesia melalui program produk-produk dalam negeri yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo),” kata Zainal.

Gubernur juga memuji kontribusi UMKM Kaltara dalam ekosistem digital.

“Pelaksanaan UMKM ini sangat membantu dan mendorong khususnya UMKM di Kaltara untuk bisa masuk ke sistem digital.

“Sistem digital baik dalam E-Commerce, seperti jual beli online, maupun dalam sistem E-Catalogue, telah diadopsi oleh sejumlah pelaku UMKM di berbagai lokasi,” jelasnya.

Dengan semangat Gernas BBI yang terus bergerak maju, harapan akan peningkatan peran UMKM dalam perekonomian Indonesia semakin menguat.

Produk-produk unggulan seperti Beras Adan dari Kaltara menjadi bukti nyata potensi kreativitas dan inovasi yang dimiliki Indonesia.

Tak hanya itu, dalam mengatasi kendala akses di beberapa wilayah, Gubernur berharap bantuan dari Kominfo.

“Kita harapkan bantuan dari Pak Dirjen Kominfo supaya wilayah yang masih blank spot yang sudah ada BTS-nya di Kaltara bisa dibantu untuk pemasangannya. Sehingga semua UMKM di Kaltara bisa masuk dalam sistem,” kata dia.

Post Views: 3

Baca Juga  3 teratas dunia: Bayar dan jual dengan baik, masalah mental tentara Israel, pencalonan Biden karena Trump

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *