Hadirnya Starlink di pasar Indonesia

Uncategorized61 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPemerintah akan meresmikan layanan Starlink untuk ribuan puskesmas yang belum terkoneksi internet. Upacara peluncuran akan dihadiri oleh pemilik Starlink Elon Musk dan Presiden Joko Widodo di World Water Forum di Bali.

Peluncuran tersebut menandai masuknya Starlink ke pasar Indonesia. Sebelumnya Starlink hanya berfungsi sebagai penyedia backhaul. Layanan tersebut dikelola oleh Telkomsat, sebuah perusahaan telekomunikasi milik negara yang menjual layanan internet langsung kepada konsumen yang sebagian besar berada di sektor bisnis.

Hal ini menyebabkan harga Starlink naik. Nah, ketika tersiar kabar bahwa Starlink berencana langsung masuk ke pasar Indonesia mulai akhir tahun lalu, industri telekomunikasi lokal langsung terguncang. Hal ini juga berlaku bagi pemain yang selama ini menjual koneksi internet berbasis satelit di retail dan bisnis internet berbasis satelit lainnya.

Starlink Internet yang menggunakan satelit berbiaya rendah di orbit rendah Bumi masih berpotensi mengganggu layanan Internet yang menggunakan satelit geostasioner. Pasalnya, koneksi internet menggunakan satelit orbit rendah Bumi jauh lebih cepat dibandingkan satelit geostasioner. Dan hanya Starlink yang memiliki teknologi dan satelit di orbitnya.

Pengenalan Starlink tentu tidak berbeda dengan perlakuan karpet merah yang diberikan pemerintah Indonesia. Starlink hanyalah pelengkap bagi Elon Musk yang berinvestasi di Tesla dan SpaceX di Indonesia. Namun ternyata hanya Starlink yang bersedia datang ke sini. Maklum, karena Starlink merupakan salah satu bisnis Elon Musk, sehingga tidak memerlukan investasi besar untuk bisa masuk ke pasar Indonesia.

Awalnya mendapat perlakuan khusus, Starlink akhirnya menuruti tuntutan pemerintah. Artinya, seperti operator internet mapan lainnya, mereka harus mendapatkan beberapa izin lokal untuk beroperasi berdasarkan peraturan Indonesia.

Pengenalan Starlink bukannya tanpa intrik. Ada pemain yang berusaha mempertahankan zona nyamannya. Akankah Starlink benar-benar mendisrupsi industri internet Indonesia dan memberikan solusi murah terhadap meratanya akses internet di Indonesia? Ataukah hal ini akan menantang industri dalam negeri untuk menjadi lebih efisien? Pasar Indonesia yang akan menentukan.

Baca Juga  Promosi Tahun Baru, Batik Air menawarkan tiket penerbangan PP luar negeri mulai dari Rp 1,5 juta.

Khairul Anam

Editor

Kedatangan Starlink

Penyedia layanan internet lokal sedang berjuang dengan keputusan pemerintah untuk memberikan lisensi kepada Starlink dan proyek untuk menyediakan jaringan ke pusat kesehatan masyarakat.

persaingan pelanggan internet

Starlink bersaing dengan penyedia Internet yang menyasar segmen rumah tangga. Ada kekhawatiran bahwa perusahaan akan mulai menerima predatory pricing.

Efek untuk koneksi internet yang lebih baik

iklan

Tahun lalu, Starlink menjangkau kantor-kantor pemerintah, klinik kesehatan masyarakat, dan rumah tangga di Papua. Perusahaan menawarkan komunikasi yang cepat dan stabil.

Nasional

Mengapa pemerintah dan parlemen mendorong perubahan undang-undang Mahkamah Konstitusi

Pemerintah dan DPR sepakat mengubah UU Mahkamah Konstitusi untuk melemahkan lembaga tersebut. Ada tanda-tanda upaya melindungi pemerintahan Prabowo-Gibran.

Wawancara

Muhammad Chatib Basiri: Kritik menyelamatkan pembangunan.

Ekonom Muhammad Chatib Basiri membahas tantangan yang dihadapi perekonomian Indonesia.

Di Majalah Tempo Anda dapat membaca:

Kedatangan Starlink

persaingan pelanggan internet

Efek untuk koneksi internet yang lebih baik

Mengapa pemerintah dan parlemen mendorong perubahan undang-undang Mahkamah Konstitusi

Muhammad Chatib Basiri: Kritik menyelamatkan pembangunan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *