Hati-hati, berikut 4 dampak penggunaan kosmetik kadaluarsa.

Uncategorized131 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – Ada orang yang memang suka membuang riasan kadaluarsa. Namun, jika Anda terus menggunakan kosmetik kadaluarsa, banyak dampak buruknya.

Produk kosmetik sering kali mempunyai masa simpan atau tanggal kadaluarsa, meskipun label umur simpan ini mungkin tidak mudah ditemukan pada produk makanan dan obat yang dijual bebas. “Jika produk riasan berubah warna atau berbau tidak sedap, berarti produk tersebut sudah kadaluarsa dan tidak boleh digunakan,” kata dokter kulit Kota New York Marisa Garshick, MD, PhD, seperti dimuat di Livestrong pada Sabtu, 23 Desember 2023.

Perubahan tekstur, seperti pemisahan dan perubahan konsistensi, dapat menjadi tanda bahwa produk tersebut telah kadaluwarsa atau telah melewati masa simpannya.

Menurut Klinik Cleveland, tanggal kedaluwarsa produk kosmetik bervariasi, namun umumnya berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun. Produk berbentuk krim atau cair akan lebih cepat luntur dibandingkan produk kering atau bubuk.

Lalu apa saja bahaya penggunaan produk kosmetik kadaluwarsa?

1. Iritasi dan infeksi

Garschick mengatakan bahwa setelah suatu produk kedaluwarsa, bahan pengawet untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan mungkin tidak efektif. “Hal ini bisa menimbulkan masalah kulit seperti infeksi, iritasi dan jerawat,” ujarnya.

Kosmetik kadaluwarsa merupakan tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur, terutama pada produk yang bersentuhan dengan kulit, seperti concealer.

Pertumbuhan bakteri yang cepat dan peningkatan kelembapan yang menarik jamur dapat menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi. Iritasi kulit dapat disertai dengan iritasi akibat penggunaan kosmetik kadaluwarsa.

Risiko lainnya adalah infeksi kulit. Kosmetik berbahan dasar air seperti alas bedak dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, kata Michelle Farber, MD, PhD, dokter kulit di Schweiger Dermatology Group, Philadelphia.

Baca Juga  Pemilihan Presiden Argentina: Kisah Dinasti Politik yang Memudar

Produk kadaluwarsa dapat menyebabkan kondisi kulit seperti folikulitis, menurut American Academy of Dermatology (AAD). Infeksi mata juga bisa terjadi karena banyaknya produk kosmetik yang digunakan di sekitar mata, seperti maskara dan eyeliner. Menggunakan produk riasan mata kadaluwarsa meningkatkan risiko penyakit mata seperti mata merah.

Meskipun beberapa kasus mata merah mungkin hilang dengan sendirinya, antibiotik atau salep mungkin diperlukan, menurut Stanford Health Care.

2. Reaksi alergi

Jika seseorang rentan terhadap reaksi alergi, penting untuk mengetahui umur simpan kosmetik. Dokter kulit Kota New York Brendan Camp, MD, mengatakan bahwa seiring berjalannya waktu, komposisi kimia riasan dapat berubah sehingga menyebabkan reaksi alergi seperti ruam atau dermatitis. “Reaksi alergi bisa dimanifestasikan dengan kemerahan, gatal, bengkak, atau pengerasan kulit,” ujarnya.

3. Jerawat

Bakteri adalah penyebab paling umum dari jerawat. Ketika bakteri tumbuh di atas riasan lama, hal ini dapat menyebabkan atau memperburuk jerawat. Bakteri penyebab jerawat dapat menempel pada riasan sehingga memperburuk kondisi. Begitu seseorang berhenti menggunakan riasan yang mengandung bakteri, jerawat bisa hilang.

4. Saat Anda melihat

Penggunaan riasan mata seperti eye shadow, maskara, dan eyeliner dapat menyebabkan masalah pada mata jika produknya sudah kadaluwarsa. “Produk kosmetik kadaluwarsa juga bisa menyebabkan penyakit mata bila digunakan di sekitar mata,” kata Garschick.

Penting untuk mengganti riasan mata secara rutin untuk mencegah infeksi mata seperti mata merah dan noda di sekitar mata. Oleh karena itu, riasan mata lebih cepat luntur dibandingkan produk lainnya.

Efek samping penggunaan produk kosmetik kadaluarsa memerlukan anjuran dokter. “Jika Anda mengalami iritasi atau sensitivitas kulit setelah menggunakan produk, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit bersertifikat yang dapat membantu Anda menentukan penyebabnya dan meresepkan pengobatan yang tepat,” kata Camp.

Baca Juga  Menteri Budi Arie memperingatkan X untuk segera menghilangkan iklan perjudian online

Pilihan Editor: Tidak semua produk kosmetik aman digunakan setelah tanggal kadaluwarsanya

Hallo sahabat cantik, yuk update informasi untuk para wanita Telegram yang indah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *