Hati-hati setelah guncangan, sekolah-sekolah Jepang akan menjadi pusat evakuasi

Uncategorized239 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah kota Kanazawa menjadikan sekolah distrik Ishikawa mulai SD dan SMP sebagai pusat evakuasi warga aktif. Gempa bumi Pemantauan di Jepang Senin, 1 Januari 2024.

“Sekolah dasar dan menengah saat ini dibuka sebagai pusat evakuasi,” kata penasihat resmi pemerintah Jepang dari Tokyo.

Imbauan ini menyusul prediksi gempa susulan yang masih terjadi pada pekan ini.

Peringatan tersebut mengatakan: “Gempa bumi dengan kekuatan yang sama diperkirakan akan terus berlanjut minggu ini, dan akan semakin intensif dalam waktu dekat.”

Data resmi pemerintah kota Kanazawa menunjukkan terdapat 1.300 pengungsi di total 46 pusat evakuasi hingga Senin pukul 17.30.

Pemerintah meminta warga memeriksa pusat evakuasi terdekat.

Gempa berkekuatan 7,6 skala Richter, gempa berkekuatan 5+ skala richter, mengguncang Laut Jepang di lepas Semenanjung Noto di Prefektur Ishikawa.

Pukul 17.04 waktu setempat (15.04 WIB) terlihat tsunami setinggi 70 cm dan terkonfirmasi kerusakan di Pelabuhan Kanazawa.

Salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) di Kanazawa, Dian Novitasari, saat ini mengungsi dirinya dan keluarganya di Masjid Kanazawa. “Kami akan menginap di masjid malam ini hingga gempa susulan mereda,” ujarnya.

iklan

Banyak pengungsi yang masih bertahan di masjid karena gempa susulan.

Gempa juga dirasakan di Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi dan Akita.

Meli Suryanti, warga negara Indonesia yang tinggal di provinsi Tottori, mengaku terkejut dengan gempa tersebut. “Kami di Tottori masih merasakan getarannya, bahkan berlari ke tempat yang aman,” ujarnya.

Ia mampu bertahan di tempat berkumpul tersebut selama kurang lebih 30 menit. Peringatan terus dibunyikan agar warga menjauhi pantai.

Baca Juga  Hasil Thailand Masters 2024: Leo/Daniel tersingkir di babak 16 besar, Bagas/Fikiri melaju ke perempat final.

KBRI Tokyo melaporkan terdapat 3.791 WNI yang tinggal di tiga provinsi terdampak gempa. Toyama (1.344 orang) dan Niigata (1.132 orang).

Pilihan Editor: Jepang dilanda gempa 7,4 m, peringatan tsunami dikeluarkan untuk Korea Utara dan Rusia.

di antara



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *