Indonesia ditunjuk sebagai pemimpin Mangrove Alliance for Climate di Dubai

Uncategorized165 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Indonesia mendapat kehormatan untuk memimpin Mangrove Alliance for Climate (MAC) yang beranggotakan 34 negara, kata Menteri Koordinator Bidang Kelautan dan Investasi serta Menteri Badan Usaha Milik Negara Eric Tohir saat menghadiri konferensi iklim COP28 di Dubai. .

“Merupakan suatu kehormatan dan tanggung jawab besar bagi Indonesia untuk terpilih menjadi co-leader MAC. Indonesia dan Uni Emirat Arab bersama 34 negara lainnya telah menunjukkan kepedulian dan komitmennya terhadap restorasi dan perlindungan hutan bakau yang mengandung 70 persen sumber daya dunia, yaitu lingkungan mangrove,” kata Menkeu, Senin.

Eric menyebutkan, Indonesia dan Uni Emirat Arab telah sepakat untuk membuka pusat penelitian mangrove internasional di Bali. Pusat penelitian ini akan menjadi laboratorium mangrove terbesar di dunia sebagai platform internasional untuk meningkatkan kapasitas penelitian kolaboratif.

“Semua ini dilakukan untuk menjamin masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang,” imbuhnya.

Menurut Eric Tohir, mangrove memberikan manfaat ekonomi seperti perlindungan pantai, keanekaragaman hayati yang tinggi, dan manfaat ekonomi seperti ekowisata dan penyerapan karbon.

“Mangrove penting bagi Indonesia, bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat serta memperkuat ketahanan pesisir. Sebagai solusi berbasis alam, mangrove berkontribusi dalam pengendalian perubahan iklim serta penyerapan dan penyimpanan karbon biru,” jelas Eric.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan keberlanjutan pengelolaan mangrove untuk dunia ini, saat ini dan di masa depan,” tutupnya.

di antara

Pilihan Editor: Membalikkan laju penggundulan hutan bakau

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Brighton kokoh di puncak klasemen seusai hajar Wolves 4-1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *