Inilah gagasan Anis tentang energi ramah lingkungan jika menjadi presiden pada 2024.

Uncategorized152 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Calon Presiden (Caps) Aeneas Basedan menjadi salah satu pembicara pada Dialog Transisi Energi Indonesia ke-6 tahun 2023. Acara yang digelar Indonesia Clean Energy Forum (ICF) dan Institute for Essential Services Reform (IESR) ini menyebut Indonesia masih bergantung. Energi Fosil lebih dari 86 persen.

Dalam kesempatan itu, Annius menjelaskan ide dasar “energi manusia”. Menurut dia, hal itu merupakan kontribusi energi fosil. Keunggulan Gas rumah kaca di Indonesia.

“Jadi sekarang saatnya melakukan perubahan. Di Hotel JSS Luanda, Jakarta Selatan, Senin 18 September 2023, kita harus melakukan transisi.

Daftar ide Anis untuk energi ramah lingkungan

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendiqbud) ini menjelaskan, ada lima pilar untuk memajukan energi, yaitu pengelolaan yang komprehensif dan berkelanjutan, kerja sama antar pemangku kepentingan, pendanaan inovatif, transisi energi yang berkeadilan, dan intervensi pasokan dan permintaan. dan sisi pasokan).

Namun Anis enggan merinci lebih lanjut mengenai program kerja lima pilar kekuasaan jika terpilih menjadi presiden pada Pilpres atau Pilpres 2024. “(Kerangka) ini nanti akan kita sampaikan saat disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), tapi ini lima pilar yang sedang saya kerjakan,” ujarnya.

Ia mengatakan, sejak menjabat Gubernur Diki Jakarta, dirinya berkomitmen melaksanakan pembangunan ramah lingkungan. Dikatakannya, program tersebut telah dipersiapkan untuk terus disampaikan kepada masyarakat.

“Oleh karena itu, ketika ada seruan untuk menyampaikan ide, mencatat prestasi, mencatat karya, maka lingkungan secara keseluruhan bukan hanya tema ilmu, tapi tema implementasi,” kata Anius. .

Aeneas berharap energi dan lingkungan hidup menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan seluruh calon presiden 2024. Menurutnya, persoalan-persoalan tersebut dianggap penting, namun bukan poros utama saat memasuki pemilu.

Baca Juga  6 jenis komunikasi tidak sehat dalam hubungan dan cara memperbaikinya

Program perlindungan lingkungan Anis saat menjabat Gubernur DKI

Berikut beberapa kiprah Anyus di bidang perlindungan lingkungan hidup selama menjabat sebagai orang nomor satu di ibu kota, Jakarta.

1. Penetrasi dengan baik

Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Diki Jakarta telah membangun 583 sumur resapan atas perintah Anyus di pasar induk Nasi Seru, Jakarta Timur. Anyus menjelaskan, pembangunan sumur tersebut merupakan bagian untuk menghidupkan kembali pasar induk beras Siping.

Prinsipnya nihil kerusakan, kalau di luar ada air maka bisa dikatakan pasar induk tidak ikut menyumbang keluarnya air, kata Anis di Jakarta, Kamis, 22 September 2022.

2. 100 taman akan dikembangkan bersama

Anius sempat membuka hingga 100 taman yang dikembangkan bersama dalam upaya ibu kota menciptakan ruang terbuka hijau (RTH). Selain itu, TMB menyatakan interaksi dan aktivitas diberikan kepada warga.

“Delonix Park merupakan salah satu dari 100 taman yang dibangun Pemprov Diki Jakarta. Di sini bisa dimanfaatkan untuk beraktivitas, tidak hanya melihat tanaman dengan warga, tapi juga sebagai ruang interaksi,” ujarnya. Delonix Park, Jakarta Timur, Rabu 12 Oktober 2022.

iklan

3. Rumah Sakit ramah lingkungan

Anius fokus mentransformasi 28 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) agar lebih ramah lingkungan. Tindakan yang diambil meliputi pembuangan limbah, penggunaan kembali air, dan pemasangan panel surya.

“Agar pengelolaannya berkelanjutan, kita akan beralih dari konsumsi energi ke limbah,” ujarnya saat peluncuran Program Penurunan Emisi Karbon di Jakarta pada Selasa, 6 September 2022.

4. Jakarta menyia-nyiakan ilmu.

Anius Baswedan resmi meluncurkan Gerakan Jakarta Sadar Sampah pada Sabtu, 5 Juni 2021, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Ia mengatakan, titik awal diadakannya program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran warga terhadap permasalahan sampah di Ibu Kota.

Baca Juga  Kampanye di Donggala, Ganjar Pranowo berjanji akan memperkuat sistem pencegahan bencana

“Kesadaran ini perlu dibangun. Jadi Jakarta itu penghasil sampah, kita berharap keseharian setiap orang menghasilkan produk dalam bentuk produk, tapi di sisi lain mengandung sampah yang bisa dibuang, kata mantan Gubernur Dickie Jakarta itu.

MELYNDA DWI PUSPITA | M KHORY ALFARIZI | di antara

https://www.antaranews.com/berita/3101161/anies-focus-transformation-28-rsud-agar-besar-ramah-lingkungan

https://www.antaranews.com/berita/3174241/anies-resmikan-100-taman-maju-bersama-as-ruang-terbuka- Hijau

https://www.antaranews.com/berita/2194682/anies-resmikan-mobilan-jakarta-sadar-sampah-di-hari-lingkungan-jiwa

https://bisnis.tempo.co/read/1773444/anies-baswedan-kemarin-kita-berhadapan-dengan-pandemi-itu-complicationd-bayarkan-saat-krisis

https://bisnis.tempo.co/read/1773512/anies-baswedan-besar-ide-dasar-energi-yang-mehumankan-dengan-5-pilar-apa-saja

https://metro.tempo.co/read/1637191/anies-baswedan-pantang-mundur-tetap-bangun-sumur-resapan-meski-dikecam-kiri-kanan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *