Instruksi Jokowi di Kongres GP Ansor: mensukseskan pemilu dan menjamin pembangunan berkelanjutan

Uncategorized139 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPresiden Joko Widodo atau Jokowi Memberikan pengarahan pada pembukaan Kongres XVI Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Jakarta Utara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat 2 Februari 2024. Jokowi meminta GP Ansor menjadi pemimpin dalam menjaga persatuan Indonesia.

Sebanyak 1.700 kader menghadiri Kongres GP Ansor yang mengusung tema “Peta Jalan Masa Depan NU”. Usai peresmian Pelabuhan Tanjung Priok, Kongres GP Ansor akan dilanjutkan di Kapal Pelini KM Kelud. Kapal tersebut akan berlayar sejauh 210 mil laut menuju Tanjung Imas di Semarang, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi peran GP Ansor di masyarakat. Terutama kampanye modernisasi agama. Ia pun berpesan kepada organisasi tersebut untuk menjaga komitmen damai menyambut pemilu 2024.

Tugas kita bukan hanya mengontrol pemilu. Tugas kita adalah mengontrol pemerintah agar dapat menjalankan tugasnya semaksimal mungkin untuk memenangkan Indonesia dalam persaingan ke depan, ujarnya.

Saya menghimbau kepada seluruh pemuka agama, ulama, dan anggota keluarga besar Ansor. Kami akan memastikan keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan sambil mengawasi pemilu. “Perkembangan telah berjalan jauh dan perlu dipantau.”

iklan

Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut Kongres GP Ansor bisa terselenggara setelah melewati pengaturan organisasi paling ketat. Yaqub yang kini menjabat Menteri Agama mengimbau para kader GP Ansor untuk selalu “menjaga semangat mengabdi kepada putra sulung Nahdlatul Ulama” tersebut.

Sementara itu, Ketua Kongres XVI GP Ansor Tahun 2024 Adin Jauharuddin mengatakan, pemilihan kongres yang digelar di kapal tersebut merupakan wujud pengabdian GP Ansor dalam menghidupkan warisan leluhur pulau tersebut.

“Laut tidak diartikan sebagai perpecahan antar pulau, tetapi laut adalah kesatuan masyarakat, suku, atau ras yang hidup dalam satu wilayah, yaitu kepulauan,” kata Adin dalam keterangan tertulisnya, Senin, 1 Februari 2024.

Baca Juga  Berikut 7 bagian tubuh kucing yang suka dibelai.

Pilihan Editor: Jokowi butuh waktu dua hari untuk mencari pengganti Mahfud Midi, siapa yang akan mengoordinasikan urusan politik, hukum, dan keamanan?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *