IPW membeberkan alasan Polda Metro meminta penertiban KPK dalam kasus dugaan tersebut

Uncategorized171 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut kasus dugaan penggelapan terhadap mantan Menteri Pertanian Siahrul Yasin Limpo di Firli Bahuri. Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi langkah Polida Metro Jaya yang meminta pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi selama proses penyidikan.

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso dalam keterangannya, Senin, 16 Oktober 2023 mengatakan, “Senang menyaksikannya.” Ia mengatakan, setidaknya ada tiga hal penting yang bisa dihasilkan dari kerja sama ini.

Pertama, kata Sugeng, penyidik ​​Subdit Tipidcor Polda Metro Jaya yakin Pulbecket, proses pemeriksaan dan pemeriksaannya sudah sesuai prosedur hukum. Dia mengatakan, keyakinan tersebut memberi keberanian kepada penyidik ​​untuk mengundang Komisi Pemberantasan Korupsi untuk mengawal kasus pungli ini.

Dia mengatakan, penyidik ​​yakin alat bukti yang ditemukan cukup sebagai bukti adanya pemerasan dan atau gratifikasi. Oleh karena itu, mereka (Polda Metro Jaya) berani menguji hasil kerjanya dengan melibatkan kontrol KPK, ujarnya.

Menurut Sugeng, Frili Bahuri hanya tinggal menunggu waktu saja untuk ditetapkan sebagai tersangka kasus ini. Dia mengatakan, petugas Polda Metro Jaya dikerahkan untuk menyelidiki tersangka saat kejadian dan yakin akan menemukan orang yang bisa dijadikan tersangka.

iklan

IPW, kata Sugeng, mendukung tindakan penegakan hukum yang dilakukan Polda Metro Jaya dalam kasus perampokan ini.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Karioto mengatakan Pimpinan KPK Firli Bahuri dan mantan Menteri Pertanian Siahrul Yasin Limpo mengusut kasus tersebut sebagai upaya transparansi polisi terkait persoalan pengendalian KPK.

Pilihan Editor: IPW Coombes menyebut Irwan Anwar akan menjadi saksi kunci dan patut dilindungi.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Dampak bocornya pipa PM di Pethamburan: Rumah warga terendam air limbah, barang terendam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *