Israel menyerang Rafah, Spanyol meminta 26 negara Eropa mendukung keputusan ICJ.

Uncategorized42 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Luar Negeri Orang Spanyol José Manuel Alvarez mengatakan pada Senin, 27 Mei 2024, bahwa ia akan meminta 26 negara anggota UE lainnya untuk secara resmi mendukung keputusan Mahkamah Internasional.ICJ) siapa yang memesan Israel Untuk menghentikan serangan terhadap Rafah.

“Saya menyerukan kepada 26 mitra lainnya untuk menyatakan dukungan mereka terhadap ICJ dan keputusannya, dan jika Israel terus bertindak bertentangan dengan pendapat ICJ, kami akan mencoba mengambil tindakan yang tepat untuk menegakkan keputusan tersebut,” kata Albares kepada wartawan. Saat konferensi pers di Belgia dengan rekan-rekan dari Irlandia dan Norwegia.

Menyusul serangan Israel di Rafah pada Minggu 26 Mei 2024 yang menewaskan sedikitnya 35 warga Palestina, Spanyol, bersama Irlandia dan Norwegia, menegaskan kembali komitmen mereka untuk mengakui Otoritas Palestina. Ketiga negara Eropa tersebut akan secara resmi mengakui Palestina sebagai negara pada Rabu, 28 Mei 2024.

Serangan terbaru Israel ke Rafah menuai kecaman dari menteri luar negeri ketiga negara tersebut. Mereka menggarisbawahi perlunya gencatan senjata yang langgeng dan solusi dua negara antara Israel dan Palestina.

Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Bart Eid menekankan sifat “mengikat” dari keputusan panel ICJ yang memerintahkan Israel menghentikan serangannya terhadap Rafah.

Eid menekankan bahwa kelanjutan pertempuran di Rafah adalah “pelanggaran hukum internasional”, dan menekankan perlunya Israel menghormati tindakan sementara yang diberlakukan oleh ICJ. Karena jika keputusan tersebut tidak dipatuhi, maka akan menyadarkan mereka bahwa norma internasional tidak berlaku untuk semua orang, ujarnya.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Akibat cuaca buruk, penerbangan Wings Air rute Pulau Jameja-Batam ditunda hingga Senin pagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *