Jokowi menyalahkan perubahan iklim sebagai penyebab lonjakan harga beras

Uncategorized155 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMenurut Presiden Joko Widodo atau Jokowi, lepas landas Itu adalah harga beras Terutama Perubahan iklim telah menyebabkan gagal panen sehingga berdampak pada kenaikan harga beras, termasuk di Indonesia.

“Mengapa [are rice prices rising]? Karena ada peristiwa perubahan iklim maka perubahan iklim akan menyebabkan gagal panen,” kata Presiden saat menyerahkan bantuan beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Tangsel, Banten, Senin, 19 Februari 2024.

Menurut dia, meski produksi beras mengalami penurunan, namun konsumsi beras di Indonesia tetap konstan. Akibatnya pasokan beras berkurang sehingga menyebabkan harga di pasaran meningkat.

Berdasarkan laman resmi Badan Pangan Nasional, Senin, harga beras rata-rata mencapai Rp 16.100 per kilogram. Harga rata-rata beras di Jakarta adalah Rp 16.500 per kilogram. Harga tertinggi per kilogram tercatat di Provinsi Dataran Tinggi Papua sebesar Rp 23.800, sedangkan harga terendah tercatat di Aceh sebesar Rp 14.850. Dicatat dalam kilo.

Untuk membantu keluarga miskin, pemerintah menyalurkan bantuan beras kepada 22 juta keluarga sesuai informasi yang dikeluarkan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Kepala negara menambahkan, “Pemerintah memberikan bantuan beras ini kepada seluruh ibu-ibu karena adanya kenaikan harga.”

Bantuan beras tersebut disalurkan sejak awal tahun 2023 dan kemudian diperpanjang pada bulan Januari hingga Juni tahun 2024.

Jokowi mengatakan, program tersebut akan kembali diperpanjang jika anggaran pemerintah memungkinkan. “Kita lihat anggaran pemerintah mencukupi atau tidak. Kalau mencukupi, kita lanjutkan [the rice assistance],” dia berkata.

di antara

Pilihan Editor: Indonesia ingin mengimpor 2 ton beras dari Thailand.

klik disini Untuk mendapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Konser "Keagungan Indonesia" semarakkan Taman Indonesia Kaya Semarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *