Kampung Bahari upaya tingkatkan kesejahteraan masyarakat

Uncategorized165 Dilihat

RedaksiHarian – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto mengatakan bahwa Kampung Bahari Nusantara yang telah terbentuk sebanyak 86 merupakan salah satu peran TNI AL dalam upaya memantau dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir laut atau pantai.

“Untuk menjaga kemaritiman tidak hanya di Lampung, TNI AL sudah memiliki program Kampung Bahari Nusantara, sehingga kita bisa bersama-sama memantau dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dekat laut,” kata Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto, di Pesawaran, Lampung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa Kampung Bahari Nusantara yang telah dicanangkan oleh Pimpinan TNI AL pada 2020 silam, kini telah ada 86 yang terbentuk, dengan lima fokus utama di dalamnya.

“Ada lima klaster yang menjadi fokus kami, yang pertama kesehatan, UMKM, pemberdayaan lokasi yang berpotensi memiliki wisata, pendidikan dan terutama pertahanan. Jadi lima komponen ini yang jadi fokus kami TNI AL di Kampung Bahari Nusantara,” kata dia pula.

Selain itu, katanya lagi, TNI AL juga memiliki program bakti sosial dan kesehatan, seperti bedah rumah tak layak huni, pelayanan kesehatan katarak, pemeriksaan telinga dan sunatan massal. Kemudian juga ada penanaman pohon mangrove yang dilakukan di Hanura, untuk proteksi menahan abrasi.

“Jadi selain ada fungsi sosial dan fungsi pertahanan yang dilakukan TNI AL, ada juga fungsi lain yang dapat dirasakan oleh masyarakat setempat,” katanya lagi.

Program TNI AL tidak hanya bakti sosial dan kesehatan yang dilaksanakan di Lampung, tetapi juga dilaksanakan di Jawa Timur tepatnya di Sumenep. Di sana TNI AL memonitor apa yang menjadi program pemerintah pusat dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

“Kalau di Lampung bagus progres penurunan stuntingnya, ke depan akan dilakukan lagi di Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan, bahkan pekan lalu program-program seperti ini sudah dilakukan di daerah Sumbawa, sehingga diharapkan program pemerintah pusat dan daerah akan dikolaborasikan untuk wujudkan ke depan generasi muda yang lebih baik dari saat ini,” kata dia pula.

Baca Juga  Menteri Budi Arie memperingatkan X untuk segera menghilangkan iklan perjudian online

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengucapkan terima kasih atas bakti sosial yang telah dilakukan oleh TNI AL di Hanura, Kabupaten Pesawaran.

“Kami ucapkan terima kasih atas bakti sosial ini, yang cukup bermanfaat bagi masyarakat, baik secara kesehatan dan ekonomi serta lingkungan saya harap kegiatannya bisa dilanjutkan oleh semua pihak yang berkepentingan agar masyarakat kita dapat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dalam penurunan stunting dan menaikkan derajat kesehatan masyarakat,” kata dia lagi.

Berdasarkan pantauan di lokasi bakti sosial yang dilakukan TNI AL di Hanura, Pesawaran, Lampung, ribuan masyarakat begitu antusias mengikutinya, antara lain ada yang melakukan pemeriksaan telinga dan lainnya. Ada juga pembagian paket sembako, pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat dan penanaman mangrove.

Post Views: 1

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *