Kapolda Aceh Tuntut Akuntabilitas UNHCR Terhadap Pengungsi Rohingya di Aceh

Uncategorized173 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Adanya pengungsi Rohingya Di Aceh terus meningkat sejak pertengahan November 2023. Namun kedatangan pengungsi Rohingya belum diterima oleh warga dan pemerintah setempat dan kehadiran pengungsi tersebut dikaitkan dengan UNHCR atau Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi.

Ini ditransfer Kapolda Aceh Inspektur Jenderal Paul Achamad Kartiko meminta UNHCR bertanggung jawab terhadap pengungsi Rohingya.

“Kami menemukan bahwa orang-orang Rohingya ini sudah memiliki kartu UNHCR yang dikeluarkan oleh Bangladesh dalam bahasa Bangladesh. Artinya, ini bukan satu-satunya tanggung jawab pemerintah kami, tetapi UNHCR harus bertanggung jawab mengapa para pengungsi ini bisa melarikan diri dari Bangladesh,” ujarnya. . Kapolda Aceh kepada media pada Kamis, 30 November 2023.

Sebelumnya, Camat Gandapura Biryen Azmi juga mengatakan masyarakat Aceh menolak kedatangan pengungsi Rohingya.

Azmi mengatakan pada 19 November 2023, “Masyarakat Aceh masih menolak, namun kami sudah menyediakan makanan dan pakaian serta berkoordinasi dengan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) terkait kedatangan pengungsi Rohingya tersebut.”

Bahkan, Kementerian Luar Negeri menyatakan Indonesia tidak mempunyai kewajiban atau kapasitas untuk menampung pengungsi asal Myanmar karena Indonesia bukan negara pihak dalam Konvensi Pengungsi 1951.

UNHCR, seperti badan pengungsi PBB sendiri, adalah organisasi internasional yang bekerja untuk menyelamatkan nyawa, melindungi hak-hak dan membangun masa depan yang lebih baik bagi orang-orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena konflik dan pengungsian. UNHCR juga memimpin aksi internasional untuk melindungi pengungsi, komunitas yang terpaksa mengungsi, dan orang-orang tanpa kewarganegaraan.

UNHCR juga dikenal sebagai Kantor Komisaris Tinggi untuk Pengungsi. UNHCR didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1950 setelah Perang Dunia II untuk membantu jutaan pengungsi. Lihat fungsi dan kegiatan UNHCR di bawah ini.

Baca Juga  Jika ada benjolan di telinga, hati-hati terhadap tumor atau kanker

Fungsi dan kegiatan UNHCR

– Menanggapi keadaan darurat

Menurut situs UNHCR: UNHCR mampu mengumpulkan pasokan untuk 1 juta orang dalam waktu 72 jam dan mengerahkan staf profesional untuk melindungi para pengungsi.

UNHCR berupaya memastikan bahwa pengungsi tiba dengan selamat dan tidak kembali ke situasi yang membahayakan nyawa atau kebebasan mereka. Ini adalah prinsip inti Konvensi Pengungsi tahun 1951, yang menjadi dasar hukum pembentukan UNHCR.

iklan

– Perlindungan hak asasi manusia

UNHCR telah bekerja dengan lebih dari 100 negara untuk menafsirkan dan menerapkan standar hukum sehingga pengungsi dapat menggunakan hak-hak mereka.

– Membantu menemukan solusi bagi pengungsi

Dalam upaya kami untuk menemukan solusi jangka panjang, selama dekade terakhir, UNHCR telah membantu hampir satu juta pengungsi membangun kembali kehidupan mereka di negara-negara baru.

– Memberikan rasa aman kepada mereka yang terpaksa bermigrasi

UNHCR juga membantu para pengungsi untuk menetap di tempat-tempat yang aman, jauh dari konflik atau orang-orang yang mencoba menyakiti mereka, dengan segera mengirimkan pasokan yang dapat menyelamatkan nyawa dan melindungi para profesional.

UNHCR juga memastikan bahwa mereka memiliki akses terhadap tempat berlindung, makanan, air, perawatan medis dan bantuan dalam menemukan anggota keluarga yang hilang.

– Membantu advokasi bagi pengungsi dan sistem suaka

UNHCR Selain memberikan bantuan dan perlindungan yang menyelamatkan nyawa dalam keadaan darurat, mendukung reformasi undang-undang dan sistem suaka, membantu pengungsi mendapatkan hak-hak mereka dan menemukan solusi jangka panjang untuk kembali ke rumah dengan selamat atau membangun masa depan yang baru. .

MUTIARA ROUDHATUL JANNAH | Ananda Bintang Ne Nabila Azzahra Sita Planasari a

Pilihan Editor: Kapolda Aceh meminta UNHCR bertanggung jawab atas pengungsi Rohingya, kata UNHCR

Baca Juga  Cara membuat susu biji labu kuning merupakan minuman sehat yang banyak manfaatnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *