Kementerian Dalam Negeri menyetujui 26 rancangan undang-undang daerah/kota untuk dibahas DPR

Uncategorized25 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah 26 rancangan undang-undang atau RUU Negara Bagian/Kota Untuk membahas rapat DPR. Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempey Wetipo menyampaikan dua catatan yang menyatakan persetujuan pemerintah.

Pertama, pemerintah telah menyetujui sejumlah dialog dalam pembicaraan tersebut. “Presiden sudah menginstruksikan para menteri untuk menjaga isi perjanjian pemerintah,” kata Wempi waktu Kamis malam, 20 Juni 2024.

Catatan pemerintah Wempee terhadap 26 rekening kabupaten/kota tersebut meliputi dasar hukum, struktur wilayah, dan karakteristik daerah.

Sementara pada catatan kedua, pemerintah meminta agar pembahasan 26 RUU ini tidak membahas lebih jauh mengenai dasar hukum, perubahan struktur daerah dan karakteristik daerah, tidak membahas persoalan kewenangan dan sebagainya. Hukum.

Oleh karena itu, pada prinsipnya pemerintah setuju untuk terus membahas 26 RUU kabupaten atau kota yang diajukan DPR RI sepanjang isinya serupa dengan 20 undang-undang negara yang sudah keluar, ujarnya.

Selain itu, 27 peraturan daerah atau peraturan daerah tingkat I telah disetujui menjadi undang-undang pada rapat paripurna DPR RI pada 4 Juni 2024. Persetujuan pemerintah terhadap 26 RUU kabupaten/kota berdasarkan DPR RI Nomor B/3495/LG.01.01/03/2024 tanggal 28 Maret 2024 yang ditulis kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

iklan

Pada 3 Juni 2024, Presiden menerbitkan Surat Presiden (Surpres) Nomor R-21 untuk membahas 26 RUU.

Dalam surat tersebut, Presiden mewakili Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia secara sendiri-sendiri atau bersama-sama dalam 26 RUU.

26 rekening tingkat kabupaten tersebut meliputi rekening yang meliputi Kabupaten Bintan, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Batangari, Kerinchi, Merangin, Benkalis, Indragri Hulu, Kampar, Limapuluh Kota, Agam, Padang Pariaman, Pasaman, Pesisar Selatan. Sijunjung, Solok dan Tanah Datar. Kemudian berisi tentang Kota Jambi, Pekanbaru, Bukittinggi, Padang Panjang, Padang, Payakumbuh, Sawahlunto dan Solok tingkat kota. Berbagai kabupaten perkotaan tersebut berada di provinsi Sumatera Barat, Lampung, Jambi, Rhea, dan Kepulauan Rhea.

Baca Juga  Euro 2024 telah dimulai, lihat hasil pertandingan pertama sepanjang sejarah Piala Eropa

Pilihan Redaksi: Meruf Amin menyarankan penerima dipotong bansos jika berjudi online



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *