Kisah Penyelamatan Sandera MV Sinar Qudus dari Perompak Somalia 12 Tahun Lalu yang Dilakukan Donnie Monardo

Uncategorized188 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta Letjen (Purn.) Donnie Monardo Minggu, 3 Desember 2023 Penyakit yang dideritanya sudah ia geluti sejak September lalu. Pada Senin, 4 Desember 2023, Doni dimakamkan di Taman Makam Pahlawan atau TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2019-2021 ini sebelumnya dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.SBY) pada tahun 2011 sebagai Wakil Komandan Satgas pembebasan MV Sinar Qudus yang dibajak oleh perompak Somalia.

Doni Monardo yang saat itu masih menjabat Panglima Pasukan Keamanan Presiden (Danpassamps) menerima tugas berat tersebut dengan penuh tanggung jawab.

Melaporkan dari Diskominfotik.bengkaliskab.go.idDoni Monardo sukses memimpin kampanye kemerdekaan, hingga akhirnya dipromosikan menjadi Brigadir Jenderal (Brigadir) sebagai imbalan atas keberhasilannya mengatasi krisis.

Kronologi pembebasan kapal MV Sinar Kudus

Awak kapal 20 MV Sinar Qudus diculik oleh bajak laut Somalia dan dimulai pada tahun 2010. 16 Maret 2011 Kapal dicegat pada pukul 13.37.78 Utara/59.03.88 Timur. Keibuan Bagi bajak laut untuk beroperasi hingga ke utara hingga Teluk Oman.

Pada tanggal 18 Maret, setelah proses perencanaan operasional, dipilih opsi yang terdiri dari dua fregat, satu helikopter dan pasukan khusus Marinir, Kopassus dan Kopaska. Presiden memberikan persetujuannya, dan pada tanggal 21 Maret, kampanye pembebasan dimulai. Doni Monardo dan pasukannya meninggalkan Jakarta dan bergabung dengan armada di Kolombo.

Perjalanan menuju Somalia tidaklah mudah. Pada tanggal 4 April, gugus tugas tiba di Somalia dengan pertimbangan yang matang. Mereka harus menghadapi situasi dimana Kapal Sinar Qudus berdiri di antara delapan kapal lain yang dibajak. Tidak ada negara lain yang berhasil membebaskan kapal tersebut dalam keadaan seperti ini.

iklan

Pada tanggal 6 April, gugus tugas melanjutkan perjalanannya ke Salah, Oman. Negosiasi dengan para perompak berlanjut selama perjalanan dan pada 13 April 2008. Penerapan uang tebusan harus menjamin keamanan para pekerja dan memastikan bahwa tindakan militer akan diambil terhadap para pembajak setelah mereka dibebaskan.

Baca Juga  Weki Meki dibubarkan setelah perilisan single mereka sebelumnya pada 12 Juni

Pada tanggal 18 April, keputusan penting diambil, pembebasan para sandera dilanjutkan dengan pengejaran para perompak dengan operasi militer. Aksi ini atas partisipasi 1 LPD, 1 helikopter dan pasukan khusus (Marinir, Kopassus, Kostrad) serta Sandy Yudha.

Pada tanggal 30 April, uang tebusan telah dibayarkan dan dibebaskan. Slamet Juari, nakhoda kapal Sinar Qudus menjadi saksi momen bersejarah tersebut. Berita acara serah terima bungkusan dolar itu ditandatangani oleh Salamet. “Terima uang ini terlebih dahulu”. Itulah yang tertulis dalam dokumen terakhir. Foto diambil, dokumen dipindai dan dikirim ke Jakarta melalui surat elektronik.

Pada tanggal 1 Mei 2011, setelah perjuangan panjang selama 46 hari, empat perompak terakhir turun dari kapal Sinar Quds dan aksi militer pun diambil. Sterilisasi dilakukan untuk mengatasi kemungkinan masih adanya bajak laut atau ranjau di kapal.

Akhirnya kapal dibawa ke Shalala, Oman untuk bekerja. Kapal Sinar Qudus yang memuat nikel milik Pt Berbagai mineralTerakhir, ia melanjutkan perjalanan ke Rotterdam, Belanda dengan didampingi prajurit TNI.

M RAFI AZHARI | HENDRIK KHOIRUL MUHID | ADITYA Buddhiman | WIDIARSI AGUSTINA | Dimas Addio | KARTIKA CHANDRA | Bunga Manggiasih

Pilihan Editor: Ini kisah penyelamatan cincin SBY oleh Donnie Monardo, begitu sebutannya saat menjabat Panglima Pasampres.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *