Komite Pemberantasan Korupsi mengharapkan 9 anggota dewan terpilih bisa bekerja secara independen.

Uncategorized50 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi atau Komisi Pemberantasan Korupsi Menyikapi pembentukan Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel) dan Dewan Pengawas (Dewas KPK) yang dilakukan Presiden Joko Widodo. Ada sembilan nama yang disetujui Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden atau Keputusan Presiden Panitia Seleksi Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK.

Juru Bicara KPK dalam keterangannya, Kamis, 30 Mei 2024 mengatakan, “Kami berharap para anggota Panitia KPK terpilih kedepannya dapat bekerja sama dan independen dengan mengesampingkan kepentingan lain selain keinginan pemberantasan korupsi secara efektif.”

kata Ali Fikri Panel KPK Lebih baik memahami permasalahan dan tantangan pemberantasan korupsi saat ini, termasuk perlunya penguatan regulasi dan kelembagaan agar kegiatan antikorupsi dapat terus berlanjut. “Sebagai lembaga yang merasakan manfaat dari pemberantasan korupsi itu sendiri, seharusnya panitia seleksi bisa aktif mengambil berbagai pendapat, sumber daya, dan keinginan masyarakat. Apalagi mereka masih menjadi korban korupsi yang sesungguhnya,” kata Ali Bebas.

Dengan demikian, Panitia KPK dapat melahirkan calon-calon pimpinan dan Dewas KPK, kata Ali Fikhri, yang berpengalaman dalam pemberantasan korupsi, berkomitmen tinggi, jujur, bebas konflik kepentingan, dan terampil dalam profesinya. Kegiatan anti korupsi. “Pemberantasan tindak pidana korupsi secara hukum (upaya represif) harus memberikan hasil yang kuat kepada para pelaku kejahatan dan memberikan pemulihan yang baik atas kerugian negara. Dalam pencegahan (upaya preventif), kerjasama yang sejati, dengan melibatkan semua pihak, harus membangun dan mengendalikan sistem manajemen, ” dia berkata.

Menlu Pratikno mengumumkan anggota Panitia Seleksi KPK. dia berkata. Mohamed Yusuf Ateh, Kepala Badan Pengatur Keuangan dan Pembangunan (BPKP), terpilih sebagai ketua. Wakil Ketua Arif Satria adalah rektor IPB dan ketua sebuah organisasi besar, kata Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara, Kamis, 30 Mei 2024.

Baca Juga  Olivia Moon didiagnosis menderita kanker payudara, 4 operasi dan mastektomi

iklan

Anggotanya antara lain Ivan Ustiavandana, Nawal Nelli, Ahmed Irani Ustica, Y. Ambeg Paramartha, Elwi Danil, Rezki Sri Vibowo dan Taufiq Rahman. Oleh karena itu, ada panitia yang sekaligus memilih pimpinan KPK dan anggota dewan pengawas KPK, kata Pratikno.

Pratikno Ketua Pancel KPK terdiri dari lembaga pemerintah pusat sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengangkatan Ketua dan Dewan Pengawas KPK. Sedangkan anggotanya terdiri dari lima orang dari pemerintah pusat dan empat orang masyarakat. Saya kira hanya itu yang bisa saya sampaikan, menyusul apa yang disampaikan Presiden saat berada di Sumsel, kata Praticno.

barang pribadi | RIRI RAHAYU

Pilihan Redaksi: Jaksa Agung mengaku ingin menanyakan manfaat bagi masyarakat dalam mengusut kasus korupsi mantan Gubernur Bangka Belitung, PT Timah.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *