KPU berharap ada ‘No Gimmick’ pada debat cawapres Jumat malam nanti

Uncategorized128 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Sementara itu, Hasim Asiari telah mengkaji ulang debat capres yang lalu untuk memastikan tidak ada massa yang hilang pada debat cawapres mendatang.

“Tersenyumlah saat itu [presidential] Debat itu bagian dari penilaian,” ujarnya dalam konferensi pers di kantor KPU, Jakarta, Kamis, 21 Desember.

Menurut Hasim, penilaian juga mencakup faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi emosional dan psikologis masing-masing kandidat saat debat. “Kami sepakat bahwa hal itu tidak boleh terjadi lagi,” katanya.

Gimmicknya bermula ketika Prabowo Subianto ditanyai soal putusan Mahkamah Konstitusi tentang batasan usia presiden. Pasangannya Gibran Rakabuming Raqqa terlihat berdiri dengan tangan terangkat memberi semangat. Ia pun meminta pendukung Prabowo-Gibran memberikan semangatnya.

“Kami menyalahkan dia. [relevant parties] Supaya perbuatan serupa tidak terulang lagi,” ujarnya.

Debat Wakil Presiden akan dilaksanakan pada Jumat malam, 22 Desember 2023, pukul 19.00 di Jakarta Convention Center (JCC).

Format debat telah disepakati oleh ketiga kandidat dan platform akan disiapkan untuk mereka.

Sebelumnya KPU mengumumkan para calon wakil presiden akan membahas isu-isu ekonomi antara lain ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat akan mempertemukan Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Rakan, dan Mahfud Md di atas panggung.

Ihsan Reliubun

Pilihan Editor: KPU menggelar rapat koordinasi membahas persiapan debat cawapres

klik disini mencari Update berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Profil Brigjen Aulia Dwi Nasrullah Pejabat Senior Bintang Satu Termuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *