KPU Kota Bekasi memulai pengerjaan pelipatan surat suara dengan melibatkan warga sekitar

Uncategorized460 Dilihat

TEMPO.CO, bekasi – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota bekasi Mulai menyortir dan melipat Pemungutan suara Pemilu 2024, Senin 8 Januari 2024 Kegiatan ini melibatkan ratusan warga Bekasi dan dilaksanakan di Gudang, Medan Satria, Kota Bekasi.

“Hari ini di Kota Bekasi berarti kita musnahkan sembilan juta surat suara untuk melayani 1.809.574 (orang) pemilih,” kata Ketua KPU Kota Bekasi Ali Sayafa kepada wartawan di gudang.

Menurut Ali, KPU menargetkan pelipatan dan penyortiran surat pemilu selesai dalam waktu 20 hari. Saat ini, sebanyak 380 warga Bekasi telah mengajukan diri menjadi petugas penyortiran. Jumlah tersebut, lanjut Ali, akan bertambah maksimal 1.500 orang untuk memenuhi target penyelesaian penataan lipat dalam waktu 20 hari.

“(Sekitar) 300 (petugas lipat) saja tidak cukup, tapi ini sedang diluncurkan agar kita bisa melihat desainnya, kecepatannya, dan kapasitasnya. Nanti berdasarkan asesmen hari ini, kita akan menambah jumlah tenaganya,” ujarnya.

Ali menambahkan, pemeriksaan pekerjaan pelipatan dan penyortiran di gudang tersebut dilakukan dengan melibatkan petugas kepolisian. Ia mengatakan, sejauh ini tidak ditemukan surat suara rusak di Kota Bekasi.

“Jika ditemukan ada yang rusak, misalnya ada sobek atau berlubang, atau logo KPU tidak tercetak atau kertas suara kusut, kami akan segera memberitahukan kepada KPU RI untuk menggantinya,” kata Ali.

Gaji dan target

menindaklanjuti TEMPO Di lokasi tersebut, pada Senin 8 Januari 2024, seluruh petugas yang ada bekerja memilah dan melipat surat suara Pemilu Legislatif DPR RI. Ratusan petugas tersebut dibagi dalam beberapa kelompok, satu kelompok beranggotakan sepuluh orang.

iklan

Fungsinya berbeda-beda, seperti memisahkan, melipat, dan mengumpulkan kertas suara menjadi plastik. “Target kami satu tim bisa melipat 5.000 lembar per hari. Kami mulai dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore,” kata Annie, 49 tahun, salah satu petugas.

Baca Juga  Hentikan dana perang Ukraina, G7 berencana melarang penjualan berlian Rusia

Petugas lainnya, Lutfiatul, diberi gaji Rp450 untuk setiap surat suara. Jika suatu tim dapat melipat 5.000 lembar dalam satu hari, maka akan mendapat penghasilan sebesar Rp 2.250.000. Harga tersebut dibagi sepuluh orang, sehingga setiap orang mendapat gaji Rp 200 ribu per hari.

Surat suara Pilpres Rp300 per lembar. Untuk DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, dan DPD RI dibayar Rp450 per lembar, kata Lutfiatul.

Menurut Annie, mereka punya kontrak kerja selama 25 hari meski KPU sedang berupaya melipat 9 juta surat suara agar selesai dalam 20 hari. “Alhamdulillah dia berkata Bekerja “Ini cukup untuk menambah keuangan Anda,” katanya.

Pilihan Editor: Hakim membebaskan Harris-Fathia dalam kasus Lord Luhut, jaksa mengajukan pembatalan sidang



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *