LBH Papua Komnas HAM mendesak dibentuknya kelompok pengusut migrasi warga yang dilakukan pihak berwenang

Uncategorized108 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – tanya Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Membentuk tim untuk menyelidiki penganiayaan terhadap warga Papua yang dilakukan anggota TNI di Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Hal ini menanggapi video penyiksaan yang dilakukan anggota TNI terhadap warga Papua pada Maret 2024 yang viral di media sosial.

Sebagai Direktur LBH Papua Emmanuel Gobai atau Ido Komnas HAM wajib melakukan penyidikan sebagai bagian tugasnya. “Comnas Ham wajib melaksanakan tugas dan wewenangnya melakukan penyidikan dan penyidikan terhadap dugaan pelanggaran HAM berdasarkan sifat atau ruang lingkup perkara yang terjadi di masyarakat,” kata Edo dalam keterangan tertulisnya, Minggu. , 24 Maret 2024.

Katanya, hal itu sesuai perintah Pasal 89 Ayat 3 Huruf B Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Apalagi, tudingan pelanggaran HAM yang dilakukan Edo terlihat dari video penderitaan warga Papua yang beredar luas di media sosial.

Oleh karena itu, Edo dan LBH Papua meminta Komnas HAM segera membentuk tim penyidik. Ketua Komnas Ham segera membentuk tim investigasi dan mengirimkannya ke Kabupaten Puncak untuk melakukan penyelidikan, kata Edo.

Aksi penyiksaan pun dilakukan terhadap warga Papua Itu terjadi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Lima orang terlihat mengelilingi tong dalam insiden yang juga populer di media sosial. Seorang pria Papua tampak tenggelam dalam tong air dengan tangan terikat ke belakang.

iklan

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan TNI (Kapupan) Mayjen Nugraha Gumillar membenarkan pelakunya. Penganiayaan Warga Papua adalah anggota TNI. Anggota TNI menyerang warga yang diduga anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Benar ada prajurit TNI yang melakukan kekerasan terhadap anggota TPNPB-OPM yang ditangkap, kata Nugraha saat dihubungi, Sabtu, 23 Maret 2024.

Baca Juga  Prediksi Manchester City dan Manchester United di Premier League Malam Ini

Pilihan Editor: PPP PNPN mengajukan perkara PHPU setelah TPN diajukan ke Mahkamah Konstitusi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *