Mahfud Md Bakal Mundur dari Kabinet Jokowi, Begini Reaksi Jokowi, Gibran dan Pratikno

Uncategorized142 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 2 sekaligus Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfoud MD Ia mengumumkan siap mundur dari kabinet Presiden Jokowi. Pernyataan Mahfoud tersebut menyusul pernyataan pasangan calon presidennya Ganjar Pranowo.

Ia mengaku mengamini Ganjar saat memutuskan mencalonkan diri dua periode melawan mantan Gubernur Jawa Tengah itu. “Pada saat yang tepat, beliau akan menyampaikan pengunduran dirinya dengan cara yang baik,” ujarnya pada acara Prof Tabrak di Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 23 Januari 2024.

Mahfoud mengatakan, saat debat calon wakil presiden kedua, ia memberi isyarat akan mundur dari jabatan menteri. Mahfud mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo Jokowi Dia mengangkatnya sebagai menteri.

Menteri Luar Negeri Pratikno mengaku belum menerima surat pengunduran diri dari Mahfud MD

Menlu Pratikno membenarkan Menko Polhukam Mahfud MD tidak memiliki surat pengunduran diri.

Dalam pesan singkat yang dikirimkan Pratikno pada Jumat, 26 Januari 2024, “Kami belum menerima surat pengunduran diri Prof Mahfud Madi sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.”

Gibran: Apakah dia mengundurkan diri?

Sedangkan calon wakil presiden (Cawapress) Gibran. Rakabuming Raka bereaksi terhadap rencana Kawapress Mahfud MD mundur sebagai Menko Polhukam di kabinet Jokowi.

Oleh Denpasar, Jumat 26 Januari 2024 “Dihapus?

Gibran tak mengomentari pernyataan Mahfoud yang ingin mundur sebagai MD, namun menunggu waktu yang tepat, malah mempertanyakan apakah rencana tersebut berhasil atau tidak.

Sebagai Wali Kota Solo, ia belum mengumumkan rencana mundur, dan lebih memilih mundur dan berkampanye sesuai timeline yang diberikan KPU selama ini.

“Tidak (saya mundur sebagai Wali Kota Solo), saya istirahat saja,” ujarnya.

Baca Juga  Yona telah memperbarui kontraknya dengan SM Entertainment untuk tahun ke-18.

Ia mengutarakan liburannya ke media, sebagai tanggapan atas pengumuman Presiden Jokowi bahwa kampanye dan partainya mungkin ditangguhkan, namun Gibran merasa kampanyenya sendiri tidak ada hubungannya dengan ayahnya.

“Iya, saya kampanye sendiri,” ujarnya usai berbincang dengan para pemuda di Pulau Dewata.

Jokowi: Kalau aturannya mengizinkan, silakan

iklan

Presiden Jokowi Mahfud mengaku berhak mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Soal usulan pengunduran diri menteri peserta Pilpres, Jokowi mengatakan, “Silahkan dicek dulu peraturan terkaitnya.”

Ya, ini hak dan saya sangat mengapresiasinya, kata Jokowi saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 24 Januari 2024 seraya menambahkan bahwa semua arahan itu adalah undang-undang.

Terkait usulan menteri, Jokowi mengatakan, “Kalau undang-undang disetujui, lanjutkan. Kalau undang-undang disetujui, lanjutkan. Kalau undang-undang tidak disetujui, tidak jelas.”

Memberi isyarat untuk meninggalkan perdebatan wakil presiden kedua

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini pun mengaku akan tetap melanjutkan tugasnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Kalaupun saya calon wakil presiden, semua surat yang masuk akan selesai dalam waktu kurang dari seminggu, katanya.

Ia mengatakan, sejak menjadi calon wakil presiden, rekan-rekan senegaranya dilarang menjemput dan melayaninya saat berkunjung. Maksud saya, yang lain akan meniru dia, kalau calon tidak mau dijemput oleh aparat daerah, tidak mau diantar, tidak mau dikawal, minta saja pengamanan ke polisi, katanya. dikatakan.

Namun, dia menilai kandidat lain masih memanfaatkan institusi pemerintah sebagai alat elektoral untuk menguntungkan mereka. Bahkan, belakangan ini menteri-menteri yang tidak ada hubungannya dengan politik juga ikut masuk dalam tim sukses, ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, Mahfoud mengutarakan keinginannya mundur dari kabinet, tinggal menunggu waktu saja. “Jadi menurut saya pilot saya menjaga kecepatannya,” kata Mahfoud.

Baca Juga  Israel menyerang Rafah, Spanyol meminta 26 negara Eropa mendukung keputusan ICJ.

Sebelumnya, Ganjar Pranov menyarankan agar pejabat pemerintah yang bersaing dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 sebaiknya mengundurkan diri untuk menghindari konflik kepentingan.

“Jadi saya usulkan mundur, ubah undang-undang. Calon wakil presiden Mahfud Mid, termasuk menteri saat ini (Menko Polhukam)” Ganjar di Pondok Pesantren Manbul Hikmah Kaliungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa .

Menurut dia, konflik kepentingan bisa saja muncul jika peserta Pilpres tidak mengundurkan diri dari jabatannya di daerah. Jadi potensi ini perlu dijaga.

“Dari awal kita bicara apakah seseorang yang menduduki jabatan di pemerintahan, terutama setingkat menteri, akan mengundurkan diri atau tidak, gubernur, gubernur, wali kota akan mundur atau tidak. Semuanya menduduki jabatan publik. “Jika keputusan itu disetujui dan disetujui, ada potensi konflik kepentingan.”

HATTA MUARABAGJA | EKO ARI WIDODO | DANIEL A.FAJRI

Pilihan Redaksi: Mahfud MD Ingin Mundur dari Kabinet Jokowi, Menteri Lain Tanggapi Usulan Ganjar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *