Mahfud MD meminta pengusutan menyeluruh terhadap aliran dana kampanye ilegal

Uncategorized315 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) dan Koordinator Calon Wakil Presiden; Mahfoud MDIa meminta agar dilakukan pengusutan menyeluruh terhadap laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengenai dana kampanye ilegal. Ia menilai persoalan ini mendapat perhatian karena adanya dugaan keterlibatan petinggi partai politik.

Ya, itu (laporan PPATK) harus diusut tuntas, kata Mahfoud saat dihubungi di Jakarta, Rabu, 3 Januari 2024.

Mahfud mengatakan arus kas dan transaksi mencurigakan sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Namun kali ini isu tersebut mendapat perhatian karena adanya dugaan keterlibatan petinggi partai politik dan dugaan digunakan untuk kampanye pemilu.

“Biasa saja, banyak orang yang melakukannya, tapi itu masalah politik yang perlu dicermati,” ujarnya.

Orang yang merupakan teman calon presiden Ganjar Pranowo Sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, ia memastikan mengikuti perkembangan yang terjadi.

PPATK melaporkan dana kampanye ilegal ke KPU dan Bawaslu

Mantan bos PPATKIvan Ustiyavandana mengungkapkan pihaknya menerima aliran dana kampanye yang berasal dari berbagai kegiatan ilegal.

Ivan menyatakan, pihaknya menyerahkan hasil analisis tersebut kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

“Saat itu kami lewati tanda-tanda penambangan liar. Ivan, Jum 15 Des 2023 Macam-macam,” kata.

Ketua saya minta maafRahmat Baja menyatakan, pihaknya sedang mengkaji analisis PPATK.

iklan

“Masih kita baca, sudah kita kaji,” kata Rahmat saat dihubungi melalui telepon, Sabtu, 16 Desember 2023.

Dia mengaku belum bisa memastikan kapan temuan PPATK itu akan ditindaklanjuti.

“Kami ditanya tentang intelijen.

Dana kampanye ilegal, mulai dari penambangan hingga pinjaman virtual

Analisis ini keluar setelah PPATK melacak transaksi mencurigakan lebih dari 6.000 peserta pemilu dan pengurus partai senilai triliunan rupiah. Uang tersebut diduga digunakan untuk tindak pidana penambangan liar, perambahan hutan, perdagangan satwa liar, dan pencucian uang (TPPU).

Baca Juga  Korban tewas mencapai 112 orang akibat penembakan Israel terhadap warga Gaza.

Selain itu, ada aliran dana kampanye dari penyalahgunaan fasilitas kredit yang dilakukan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jawa Tengah. Pencairan pinjaman yang dimaksudkan untuk dijadikan modal bagi peminjam disebut-sebut dilakukan untuk melindungi kepentingan pendukung salah satu partai politik peserta. pemilu 2024 Nama depan MIA

Di tahun Pada tahun 2022-2023, total belanja yang ditagihkan kepada 27 debitur BPR di satu wilayah di Jawa Tengah mencapai $102 miliar. Dari pencairan pinjaman, penarikan tunai dilakukan pada waktu yang bersamaan atau mendekati waktu yang bersamaan. Uang tersebut kemudian dikreditkan kembali ke rekening MIA. Mia diduga menjadi pengendali dana pinjaman tersebut.

Konon total dana pelunasan pinjaman yang masuk dalam pembukuan MIA mencapai 94 miliar dolar. Dana dari rekening MIA diduga ditransfer ke perusahaan seperti PT BMG, PT PHN, PT BMG, PT NBM, beberapa individu dan sebagian masuk ke Koperasi Garadayakasa Nusantara. Prabu Subianto.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *