Mana yang lebih baik untuk melindungi sistem kekebalan tubuh Anda, madu liar atau madu olahan?

Uncategorized145 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – Ketua Umum Persatuan Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Ingrid Tania menjelaskan, yang membedakan madu liar dengan madu budidaya adalah sumbernya dari lebah dan nektarnya. Madu hutan dihasilkan oleh lebah Apis dorsata yang tidak dapat dibudidayakan dan sumber nektarnya adalah tumbuhan liar yang tumbuh di hutan.

Menurut Ingrid, nektar tumbuhan liar kualitasnya lebih baik dibandingkan nektar tumbuhan budidaya karena lebih banyak mengandung senyawa aktif dan enzim sehingga tanaman dapat tumbuh tanpa campur tangan manusia.

“Pada prinsipnya, semua jenis organisme hidup atau tumbuhan liar biasanya lebih baik daripada yang dibudidayakan. Kemudian karena organisme hidup harus dapat hidup dekat dengan lingkungan yang keras, mereka memiliki lebih banyak metabolisme sekunder dan senyawa aktif.” lebih baik,” kata Ingrid dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2023.

Selain itu, lebah hutan memperoleh nektar dari berbagai tumbuhan liar (multinektar). Memang, lebah hutan diyakini bisa mencari nektar hingga puluhan kilometer dari sarangnya.

“Kita tidak bisa mengatakan madu hutan lebih baik dari madu budidaya. Namun madu hutan bisa dikatakan 100 persen alami atau organik, tanpa campuran bahan kimia buatan. “Karena jenis lebahnya sangat berbeda, mustahil untuk membudidayakan lebah hutan,” tambah Ingrid.

Manfaat kedua jenis madu ini tidak jauh berbeda. Madu liar dan madu olahan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Namun khusus untuk anak-anak, Ingrid menekankan manfaat khusus madu hutan.

“Madu hutan baik untuk anak-anak karena banyak mengandung enzim dan senyawa aktif. Dapat memberikan nutrisi tambahan, meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati batuk. Bahkan di Inggris, madu dianjurkan untuk anak-anak yang menderita batuk akibat Covid-19. Dan jika anak-anak Sehat, nafsu makan jadi lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga  Mulai dari rok midi hingga blus flowy, 8 ide outfit prom yang bakal bikin penampilanmu makin anggun

Ingrid tidak mempermasalahkan produk madu yang dicampur dengan herbal lain. Khasiat madu atau jamu tidak akan berkurang, asalkan dilakukan dengan benar dan tepat, bisa saling menguatkan.

Madu liar dinilai memiliki manfaat kesehatan seperti yang terlihat pada cuaca panas akhir-akhir ini. “Madu liar mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan madu sapi. Atau jika Anda terkena dampaknya, madu liar punya khasiat meredakan batuk,” kata Ingrid.

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah suatu produk dibuat dengan benar adalah apakah produk tersebut memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia) pada kemasannya.

“Kalau ada labelnya berarti dibuat dengan kualitas tinggi.” Memiliki label lisensi juga memastikan bahwa madu di dalamnya asli. “Karena madu harus diuji di laboratorium untuk memastikan asli atau palsu, dan tidak semua orang bisa melakukannya,” kata Ingrid.

Tatang Mulyadi, Direktur Bumi Wijaya, mengatakan pihaknya menyiapkan bahan baku madu hutan dengan mencampurkannya dengan ekstrak herbal seperti kurkumin, jahe merah, biji adas, dan lengkuas untuk menjaga kesehatan. “Madu hutan dan herbal merupakan kombinasi yang tepat dan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Yang penting rasanya bisa diterima masyarakat,” kata Tatang.

Beberapa produk madu hutan Bumi Wijaya yang tersedia di pasaran antara lain Fluba Anaba, Gizidat dan Freshmag.

Pilihan Editor: Manfaat madu untuk wajah dan cara penggunaannya

Hallo sahabat cantik, yuk update informasi untuk para wanita Telegram yang indah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *