Maruf Amin Dorong Unit Usaha Syariah Rolling Sebelum 2026, Kenapa?

Uncategorized114 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Presiden Maruf Amin Mendorong unit bisnis syariah Ataukah UUS perusahaan asuransi di Indonesia berputar atau berpisah dari induknya sebelum tahun 2026.

“Harapan saya adalah sebuah proses. berputar Hal ini akan segera disusul oleh perusahaan asuransi syariah lainnya yang telah mematuhi ketentuan OJKkata Maruf saat peluncuran Allianz Life Syariah Indonesia pada Kamis 16 November 2023 di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta.

Sebagai informasi, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 12 Tahun 2023 mengatur batas akhir pemisahan UUS Unit Usaha Syariah dari induknya, yakni akhir tahun 2026.

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menerapkan pemisahan bisnis Asuransi Umum Syariah (UUS). Salah satunya, PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) resmi diperkenalkan pada Kamis, 16 November 2023.

Maruf mendorong perusahaan asuransi syariah lain yang telah mematuhi aturan OJK untuk mengikuti jejaknya. berputar Dilakukan oleh Allianz Syariah.

“Saya dengar ada batasannya sampai tahun 2026. Saya kira kita tidak perlu menunggu seperti Allianz Syria, kita tidak perlu menunggu sampai tahun 2026, jadi menurut saya kita patut diapresiasi,” kata Maruf.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 12 Tahun 2023 tentang pemisahan Unit Usaha Syariah (POJK UUS).berputarBank UUS.

iklan

Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi OJK Aman Santosa di Jakarta, Selasa, dalam keterangan resminya, aturan tersebut mengikuti Undang-Undang Nomor 4 tentang Pembinaan dan Pemantapan Sektor Keuangan pada Pasal 2023 (UU PPSK). 68 Pemisahan, Peleburan dan Sanksi UUS Sesuai Ketentuan.

Dijelaskannya, POJK tersebut telah berkonsultasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada 27 Juni 2023 dan mempertimbangkan keinginan masyarakat dalam bentuk masukan serta rangkaian focus group Discussion (FGD). Pemangku kepentingan.

Baca Juga  KPKP Jakbar sebut komoditi di empat pasar aman konsumsi

Dijelaskannya, selain mengatur pemisahan UUS, POJK UUS memuat pengaturan menyeluruh mengenai unit usaha syariah, mulai dari pembukaan, pengelolaan, jaringan kantor, hingga pembatalan izin usaha UUS atas permintaan bank umum tradisional (BUK). .

John Maharso | di antara

Pilihan Editor: The Economist menyoroti alasan peningkatan pendidikan keuangan syariah di Indonesia secara bertahap.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *